detikNews
Jumat 28 September 2018, 15:47 WIB

Polisi Sita Ratusan Kemasan Obat Kuat Tak Berizin di Blora

Arif Syaefudin - detikNews
Polisi Sita Ratusan Kemasan Obat Kuat Tak Berizin di Blora Penyitaan ratusan obat kuat tak berizin (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Blora - Polres Blora berhasil mengamankan sebanyak 53 jenis obat kuat berjumlah ratusan dari salah seorang sales asal Demak. Ratusan obat kuat tersebut disita lantaran tak mengantongi izin.

Kapolres Blora, AKBP Saptono, menjelaskan kini sales bernama Aan Susiawan (43) warga Kelurahan Kebonbatur, Kecamatan Mranggen, Demak, telah diamankan di Mapolres Blora. "Diamankan ketika hendak mengedarkan obat kuat tersebut ke Cepu," jelas Saptono, Jumat (28/9/18) siang.

Ratusan obat kuat tersebut terdiri dari 53 jenis. Disimpan di dalam beberapa kardus. Dari satu jenis obat, ada yang dua dus, satu dus bahkan sampai 8 dus.

"Obat ini hingga ditahan karena tidak memiliki izin dan melanggar UU Kesehatan. Tentunya jika digunakan akan mengganggu kesehatan penggunanya. Dari penangkapan ini kami akan terus melakukan pengembangan," imbuhnya.
Polisi Sita Ratusan Kemasan Obat Kuat Tak Berizin di Blora(Foto: Arif Syaefudin/detikcom)

Atas perbuatannya, tersangka dikenai Pasal 196 subsider Pasal 197 UU RI No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Ancaman hukuman maksimalnya adalah 15 tahun penjara.

Tersangka Aan Susiawan mengakui telah mengetahui jika obat-obatan yang dijualnya itu tak berizin. Dia mengaku mendapatkan obat itu dari Semarang yang diedarkannya ke beberapa kota, seperti Yogya, Klaten dan beberapa kota hingga Blora dan akan dibawa ke Cepu.

"Untuk Blora saya awalnya tempatkan di Doplang, Blora dan Cepu,'' ujarnya.

Dia mengaku sudah 4 tahun terakhir melakukan penjualan obat itu. Dari penjualan obat kuat ini dirinya mendapatkan untung sebesar Rp 5 ribu setiap bungkus obat seluruh jenis.



Saksikan juga video 'Cerita Pedagang Obat Kuat Kaki Lima yang Sudah Eksis 10 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com