DetikNews
Senin 24 September 2018, 22:15 WIB

KA Barang Tergelincir di Grobogan, Jalur Lintasan Tetap Normal

Akrom Hazami - detikNews
KA Barang Tergelincir di Grobogan, Jalur Lintasan Tetap Normal Foto: Akrom Hazami/detikcom
Grobogan - KA 2709 atau KA barang relasi Kalimas-Kampung Bandan (Surabaya-Jakarta) tergelincir di KM 48 + 1 jalur hilir antara Stasiun Sedadi-Stasiun Karangjati. Perjalanan KA di jalur itu tidak terganggu karena sudah memakai sistem rel ganda.

Lokasi KA yang tergelincir di Desa Karangwader, Kecamatan Penawangan, Grobogan.
Jalur KA di lokasi itu sudah memakai sistem rel ganda. Untuk rel utara digunakan kereta dari arah Surabaya ke Jakarta. Sedangkan rel selatan dipakai kereta dari arah Jakarta ke Surabaya. KA yang biasa melintas lokasi masih bisa menggunakan rel yang lain.

Adanya delapan gerbong yang terjungkal di lokasi. Hal itu mengakibatkan kerusakan pada rel dan bantalan. Satu ruas rel terlepas dan melengkung, sampai menimpa rel lain. PT KAI menyatakan, kerusakan tidak berpengruh pada arus lalu lintas kereta api.

"Arus lalu lintas perjalanan kereta api tidak terpengaruh, karena masih bisa menggunakan jalur yang satunya lagi," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto melalui pesan pendek kepada detikcom.

Suprapto menuturkan, sampai malam ini, semuanya masih lancar. Sebab, kereta api yang melintas di petak jalan, masih bisa melintas dengan pola operasi berjalan jalur tunggal sementara.

Gerbong yang anjlok dan terjungkal di sawah di sekitar rel KA. Gerbong itu yakni pada bagian terakhir rangkaian. Jumlah ada delapan rangkaian. Dari total rangkaian ada 30 gerbong. Saat ini, 22 gerbong yang tidak terjungkal sudah ditarik ke Semarang.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed