DetikNews
Minggu 23 September 2018, 16:56 WIB

Penyandang Disabilitas Kampanyekan Tuli Bukan Bahan Candaan

Edzan Raharjo - detikNews
Penyandang Disabilitas Kampanyekan Tuli Bukan Bahan Candaan Foto: Edzan Raharjo
Yogyakarta - Ratusan penyandang tuna rungu menggelar pawai tuli Jogja Istimewa disepanjang jalan Malioboro Yogyakarta. Pawai yang dilakukan di jalur lambat jalan Malioboro ini memperingati hari bahasa isyarat internasional dan menuntut tidak adanya diskriminasi serta pemberian hak-hak bagi para tuna rungu.

Mereka menyuarakan aspirasinya dengan menggunakan bahasa isyarat serta membawa berbgai poster. Poster yang mereka bawa diantaranya bertuliskan, "Tuli Bukan Bahan Candaan, Kami Mencari Kesetaraan, Jangan Takut Berteman Dengan Orang Tuli, Stop Diskriminasi Terhadap Tuli, Bahasa Isyarat Harus Ada Di Dunia Pendidikan."

Aksi ini diawali dari depan jalan Malioboro sisi utara di depan Dinas Pariwisata kemudian berjalan menuju kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

"Memang belum semua sektor memperhatikan, karena itu kami memperjuangkan agar pemerintah lebih memperhatikan kami dari teman-teman tuli, apa yang kami butuhkan dan apa yang menjadi aksesilibitas buat kami," kata koordinator pawai, Arief Wicaksono dalam bahasa isyarat di jalan Malioboro.
Pawai Tuli Jogja Istimewa di MalioboroPawai Tuli Jogja Istimewa di Malioboro Foto: Edzan Raharjo

Menurutnya, tidak semua melakukan diskriminasi, akan tetapi fasilitas atau aksesibilitas yang mereka butuhkan belum diberikan secara maksimal. Misalnya dalam bidang pekerjaan belum semua bisa di akses, kemudian dalam dunia pendidikan sekolah inklusif juga belum optimal.

"Kami berharap pemerintah memberikan teman-teman dari kelompok tuli untuk berpartisipasi agar Indonesia lebih inklusi. Kami dilibatkan dalam program-program. Kami berharap Kota Yogya sebagai kota yang ramah terhadap tuli," kata Arief.

Pawai penyandang tuna rungu ini dilakukan oleh Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia Yogyakarta juga dalam rangka memperingati hari bahasa isyarat internasional tanggal 23 September.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed