DetikNews
Minggu 23 September 2018, 10:39 WIB

Jaga Suasana, Kandidat Pemilu Diminta Selfie Dengan Lawannya

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jaga Suasana, Kandidat Pemilu Diminta Selfie Dengan Lawannya Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengkampanyekan Pemilu 2019 damai. Ia pun usul agar para kandidat Pemilu sering-sering foto bareng dengan lawan politiknya.

"Usul saya sering-seringlah foto dengan lawan politik, kemudian diupload," kata Ganjar dalam deklarasi kampanye damai di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Minggu (23/9/2018).

Ia mencontohkan calon presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang selalu ceria dan akrab ketika saling bertemu. Hal itu menurut Ganjar bisa jadi panutan untuk menjaga kesejukan politik.

"Itu bisa mereduksi gondok, gonduk. Contoh itu akan diikuti. Sering-seringlah walau baju beda salaman, mrenges (senyum), sekali-kali ngevlog, kompetisi ini sehat," ujarnya.
Jaga Suasana, Kandidat Pemilu Diminta Selfie Dengan LawannyaFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Sementara itu Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo juga mengingatkan agar para kandidat mematuhi aturan kampanye termasuk pemasangan alat peraga kampanye.

"Selama kampanye, alat peraga kampanye dan bahan kampanye difasilitasi KPU, apapun kegiatan kampanye harus beritahu penyelenggara," kata Joko.

Masa kampanye sudah dimulai hari ini hingga 14 April 2019 mendatang. Alat peraga, lanjut Joko, harus ditempatkan di lokasi yang sudah ditentukan atau diizinkans sesuai dengan perda masing-masing daerah.

"Tempat yang diizinkan. Kalau rumah sndiri tidak masalah. Misal calon ingin buat alat peraga di rumah sendiri sebagai tanda dia nyalon, tidak apa-apa," jelas joko.

"Ada yang beda kali ini, branding menggunakan mobil boleh," imbuhnya.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono menambahkan, pihaknya mengerahkan pengamanan termasuk 3 tim khusus untuk mengawal capres cawapres yang datang ke Jateng.

"Ada 3 tim terdiri dari pengawalan lalulintas, pengawalan pribadi, dan escape bila diperlukan. Kompetensinya kompetensi bela diri, dia bisa laksanakan taktik dan teknik mengamankan obyek," jelas Condro.

Untuk diketahui, daftar calon tetap (DCT) untuk Pileg 2019 di Jateng mencapai 1.319 orang. Jumlah tersebut berkurang dari daftar sementara yang sebelumnya 1.322 orang karena ada yang mengundurkan diri dan tidak memenuhi syarat.


Simak Juga 'Ekspresi Prabowo di Tengah Pendukung Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]




(alg/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed