DetikNews
Kamis 20 September 2018, 13:53 WIB

Panglima TNI Kunjungi Makam dan Museum Jenderal Sudirman di Yogya

Usman Hadi - detikNews
Panglima TNI Kunjungi Makam dan Museum Jenderal Sudirman di Yogya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di makam Jenderal Sudirman. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan para kepala staf berziarah ke TMP Kusumanegara Yogyakarta, siang ini. Usai berziarah, Hadi mengunjungi Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman di Jalan Bintaran Wetan No 3 Yogyakarta.

Panglima Hadi sampai di Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman Yogyakarta sekitar pukul 12.35 WIB, Kamis (20/9/2018). Dengan mengenakan seragam biru TNI AU, Panglima Hadi didampingi para kepala staf bersama rombongan pejabat TNI langsung meninjau museum.

Kedatangan Hadi disambut oleh jajaran dan pengurus museum. Setelahnya, pengurus museum memaparkan singkat sejarah Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman di Yogyakarta. Selesai mendengarkan paparan, Hadi langsung melihat isi museum.


Dalam kunjungan tersebut tampak KSAD Jenderal Mulyono, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, dan KSAL Laksamana Siwi Sukma Aji. Selanjutnya juga hadir Kapolda DIY Brigjen Pol Ahmad Dofiri. Adapun kunjungan ini dalam rangka menyambut HUT ke-73 TNI.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di museum Jenderal Sudirman di Yogyakarta. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di museum Jenderal Sudirman di Yogyakarta. Foto: Usman Hadi/detikcom

"Ini adalah dalam rangka rangkaian kegiatan memperingati hari ulang tahun TNI ke-73, dan bagian dari kegiatan ini kita laksanakan mulai dari makam proklamator Bapak Insinyur Soekarno di Blitar," kata Hadi kepada wartawan usai berziarah di TMP Kusumanegara, Kamis (20/9/2018).

Panglima Hadi mengatakan, selain berziarah ke makam Soekarno pihaknya juga berziarah ke Makam Presiden keempat RI KH Andurrahman Wahid di Jombang. Lalu, dia juga berziarah ke Makam presiden kedua RI Jenderal Besar Soeharto di Karanganyar.


Sementara dalam lawatannya di Yogyakarta, Panglima TNI menyempatkan diri berziarah di Makam Jenderal Sudirman di TMP Kusumamegara. Selanjutnya, dia menyambangi Museum Panglima Besar Jenderal Sudirman yang tidak jauh dari Makam Sudirman.

"Kegiatan ini adalah kegiatan tradisi yang selalu kita laksanakan setiap tahun, dan maknanya adalah untuk mendapatkan nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh para pendahulu bangsa Indonesia, dalam rangka membesarkan TNI membangun NKRI," tutupnya.




Tonton juga 'Ada TNI yang Tak Netral di Pemilu, Laporkan!':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed