DetikNews
Rabu 19 September 2018, 15:04 WIB

Kebakaran Sindoro-Sumbing Padam, Warga Diimbau Waspadai Satwa Liar

Uje Hartono - detikNews
Kebakaran Sindoro-Sumbing Padam, Warga Diimbau Waspadai Satwa Liar Petugas saat memadamkan kebakaran di Gunung Sumbing. Foto: Dok BPBD Wonosobo
Wonosobo - Warga yang tinggal di permukiman dekat dengan lokasi kebakaran di Gunung Sumbing dan Sindoro diimbau untuk lebih waspada terhadap satwa liar. Pasalnya, akibat kebakaran yang terjadi, diprediksi satwa liar akan turun ke daerah permukiman.

"Sehingga satwa liar di Gunung Sumbing dan Sindoro bisa turun ke pemukiman warga," ujar Petugas BKSD Wonosobo Endi Suryo dihubungi detikcom, Rabu (19/9/2018).

Hal ini karena kemungkinan sarang dan tempat mencari makan satwa liar ikut terbakar. Menurutnya, ancaman satwa liar tersebut bukan hanya babi hutan. Namun juga satwa liar yang dilindungi seperti Elang, Rusa dan Kijang.

"Ada beberapa satwa liar yang dilindungi hidup di Gunung Sindoro dan Sumbing. Hanya, hingga saat ini belum ada laporan terkait adanya satwa liar yang turun ke permukiman," kata dia.


Ia juga mengaku belum menginventarisir keberadaan satwa liar di dua gunung tersebut. Pasalnya, sebelum ini masih fokus pada proses pemadaman api baik di Gunung Sindoro maupun Sumbing.


"Kami tetap akan terus memantau. Memang kemarin kami masih fokus dulu bagaiman api yang membakar hutan di Gunung Sindoro dan Sumbing padam dulu," tuturnya.





Tonton juga 'Diterjang Angin Kebakaran di Gunung Wilis Cepat Merembet':

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed