DetikNews
Sabtu 15 September 2018, 00:34 WIB

Kebakaran Terjadi di Hutan Jati Cilacap

Arbi Anugrah - detikNews
Kebakaran Terjadi di Hutan Jati Cilacap Kebakaran hutan jati di Cilacap (Foto: Dok. BPBD Cilacap)
Cilacap - Kebakaran terjadi di hutan Kumbangkangkung petak 87 di Desa Sidaurip, Kawunganten, Cilacap, jateng. Meskipun api sudah berhasil dikendalikan namun bara api dikhawatirkan akan kembali menyulut kobaran baru.

"Saat ini sudah berhasil dipadamkan tapi kita masih siaga untuk barangkali ada tiupan angin kencang yang bisa menimbulkan api dari bara yang belum sempat padam," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Cilacap, Martono, Jumat (14/9/2018) malam.

Menurut dia, pemadaman dilakukan dengan cara manual. Namun demikian pihaknya tetap menyiagakan satu unit mobil damkar dan mobil tanki suplai air dilokasi. "Untuk pemadaman tadi dengan cara manual dengan menggunakan dahan pohon," ujarnya.

Kebakaran Terjadi di Hutan Jati CilacapKebakaran hutan jati di Cilacap (Foto: Dok. BPBD Cilacap)
Dia mengatakan, lahan yang terbakar merupakan semak belukar yang berada dibawah pohon jati dan pinus yang masuk wilayah Perum Perhutani KPH Banyumas Barat. Diduga lahan tersebut terbakar akibat kelalaian petani yang membuka lahan pertanian.

"Total lahan di lokasi 4 hektar, dengan lahan yang terbakar seluas sekitar 3,5 hektar. Diduga petani yang akan menyiapkan lahan semaknya dibakar. Entah mungkin lalai ditinggal hingga kemudian menjalar ke rumput kering," ucapnya.

Kebakaran hutan tersebut terjadi pada pukul 19.30 WIB dan dapat dipadamkan pada pukul 22.00 WIB. Personil yang dilibatkan dalam penanganan kebakaran tersebut sekitar 50 orang di antaranya berasal dari Polsek, Koramil, Damkar, BPBD dan warga sekitar.
(arb/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed