DetikNews
Jumat 14 September 2018, 18:07 WIB

Bupati Batang Beri Motivasi Afandi Agar Batalkan Disuntik Mati

Robby Bernardi - detikNews
Bupati Batang Beri Motivasi Afandi Agar Batalkan Disuntik Mati Foto: Robby Bernardi/detikcom
Batang - Afandi (48) warga Kabupaten Batang menderita sakit maag kronis menahun yang tak kunjung sembuh. Karena putus asa, ia mengirimkan surat ke kejaksaan untuk meminta diperbolehkan suntik mati.

Bupati Batang Wihaji bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Dr Hidayah Basbeth dan tim media langsung memeriksa kesehatan Afandi di rumahnya di Desa Timbang RT 5 /RW 2, Kecamatan Banyuputih.

Hasil pemeriksaan media, ia menderita sakit maag kronis yang sudah 4 tahun tidak pernah berobat. Pengobatan selama ini dilakukan secara alternatif.
Bupati Batang Beri Motivasi Afandi Agar Batalkan Disuntik MatiFoto: Robby Bernardi/detikcom

Terkait permintaan Afandi yang melakukan permohonan suntik mati, Wihaji menjelaskan pihaknya telah memberikan motivasi pada Afandi untuk kembali bersemangat dan ada keinginan untuk sembuh. Salah satu caranya adalah mau berobat ke rumah sakit.

"Bukan persoalan apa, kita ini manusia sudah ditakdirkan Tuhan untuk lahir di dunia, jangan melawan takdir. Makanya tadi kita kasih motivasi agar lebih bersemangat kembali," kata Wihaji.

Setelah diperiksa tim kesehatan Puskesmas Banyuputih dan diberi semangat oleh Wihaji agar membatalkan niatnya dan mau berobat, ia kemudian dibawa ke rumah sakit.

"Yang jelas selain sakit beliaunya juga banyak pikiran. Dari catatan medis, bapak ini terakhir melakukan pemeriksaan kesehatannya empat tahun silam," kata Kepala Puskesmas Banyuputih, dr Ratna.

Afandi didampingi oleh istrinya, Salehati kemudian dibawa ke RSUD Kalisari Batang.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed