DetikNews
Rabu 12 September 2018, 04:01 WIB

Putri Sultan HB X Lepas Ribuan Warga Laku Bisu Keliling Keraton

Edzan Raharjo - detikNews
Putri Sultan HB X Lepas Ribuan Warga Laku Bisu Keliling Keraton Tradisi mubeng beteng di Keraton Yogyakarta (Foto: Edzan Raharjo/detikcom)
Yogyakarta - Ribuan warga mengikuti tapa bisu mubeng beteng atau berjalan membisu mengelilingi tembok Keraton Yogyakarta, untuk memperingati 1 sura. Dilepas oleh putri pertama Sri Sultan HB X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi, ritual itu dilakukan tepat tengah malam, pukul 00.00 WIB.

Mubeng Beteng diawali dengan penyerahan bendera merah putih oleh GKR Mangkubumi kepada perwakilan abdidalem keraton. Setelah terdengar bunyi lonceng Brojonolo, GKR Mangkubumi mempersilakan abdidalem dan warga untuk mulai berjalan.

Barisan paling depan adalah abdidalem yang membawa bendera merah putih, disusul abdidalem lain dan masyarakat umum.

"saya dan Ngarsadalem (Sultan HB X) mengucapkan terimakasih, semoga semua mendapatkan berkah. Terimaksih kepada semua warga masyarakat yang sudah ikut Mubeng Beteng," kata GKR Mangkubumi dalam bahasa Jawa, Rabu (12/9/2018) dinihari.
Putri Sultan HB X Lepas Ribuan Warga Laku Bisu Keliling KeratonTradisi mubeng beteng di Keraton Yogyakarta (Foto: Edzan Raharjo/detikcom)

Mubeng Beteng diawali dari Bangsal Ponconiti, Keben Kraton. Selanjutya berjalan membisu memutari tembok Kraton yang berjarak sekitar 5 Kilometer. Dalam tradisi yang sudah berjalan ratusan tahun ini, rubuan warga keliling sambil sambil memanjatkan doa-doa.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed