DetikNews
Selasa 11 September 2018, 14:26 WIB

Ada Tradisi Khusus Setiap 1 Muharam di Kutoarjo, Purworejo

Rinto Heksantoro - detikNews
Ada Tradisi Khusus Setiap 1 Muharam di Kutoarjo, Purworejo Khitanan massal di Kutoarjo sambut 1 Muharam. (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo - Setiap tanggal 1 Muharam, warga di Kutoarjo, Purworejo, Jateng, selalu menggelar acara khusus berupa khitanan massal. Tanggal 1 Muharam dipilih karena dianggap sebagai hari penuh berkah.

Tradisi rutin tahunan yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Muharam itu diselenggarakan oleh takmir Masjid Al-Jihad Kutoarjo, Purworejo. Khitanan massal tahun ini diikuti 153 anak. Pelaksanaannya dilakukan di beberapa rumah penduduk yang ditata layaknya ruang medis.

"Memang kita sengaja mengambil pelaksanaan setiap tanggal 1 Muharam ini karena kesakralannya. Sakral bukan karena mistis, namun ada keberkahan bulan ini karena ada peristiwa penting kenabian," kata ketua panitia, Pujiono, di lokasi acara, Selasa (11/9/2018).

Ada Tradisi Khusus Setiap 1 Muharam di Kutoarjo, PurworejoPeserta khitanan massal di Kutoarjo (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Pujiono menambahkan, peserta khitan gratis tersebut dilakukan untuk anak usia 2,5 hingga 13 tahun. Setelah disunat, anak-anak juga mendapatkan bingkisan dan uang saku. Petugas medis didatangkan dari tim RS PKU Muhammadiyah Kutoarjo dan puskesmas terdekat.

"Usia termuda ada yang 2,5 tahun dan yang paling dewasa sebenarnya ada yang 25 tahun namun tidak jadi datang. Bahkan, yang nonmuslim juga ada yang ikut dikhitan," imbuhnya.

Suara tangisan, jeritan dan senyum tawa anak-anak yang dikhitan pun beriringan dengan suara musik rebana yang mengalun di depan masjid. Bahkan untuk mengalihkan perhatian peserta, ada yang sengaja bermain gawai saat dilakukan khitan

Oktavianus Candra Putra (12) salah peserta khitanan massal menuturkan bahwa dirinya merasa takut sebelumnya. "Tadinya takut. Sakit sedikit tapi nggak nggak apa-apa, ini sudah selesai," jawabnya malu-malu.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed