detikNews
Minggu 09 September 2018, 06:11 WIB

Ada 'Drama Haornas' dan Ketatnya Pengamanan di Solo Hari Ini

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ada Drama Haornas dan Ketatnya Pengamanan di Solo Hari Ini Suasana pagi di Jalan Slamet Riyadi Solo (Foto: Robert Adolf Izak/d'Traveler)
Solo - Kota Solo hari ini, Minggu (9/9/2018) dipenuhi perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas). Sedikitnya ada lima kegiatan digelar. Ada Acara yang sempat ditolak polisi, ada pula acara yang diadakan dengan pengerahan massa oleh Pemkot.

Kegiatan tersebut antara lain upacara peringatan Haornas oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mengerahkan anak-anak sekolah, Pekan Olahraga Warga Solo (Porwaso) dan kirab atlet Asian Games asal Jawa Tengah. Ketiganya dipusatkan di Lapangan Kottabarat Solo.

Kirab atlet Asian Games bakal diikuti 7.900 peserta arak-arakan yang menampilkan seni budaya. Mereka akan menempuh rute Jalan Moewardi, car free day Jalan Slamet Riyadi, Jalan Gajah Mada, Jalan Yosodipuro dan kembali ke titik awal.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Surakarta, Joni Hari Sumantri, mengatakan ada 59 atlet dan 9 pelatih yang akan hadir dalam kirab atlet Asian Games itu.

"Ada pebulu tangkis Kevin Sanjaya. Ada Aries Susanti dari cabang olahraga panjat tebing," ujar dia.

Acara lainnya yakni gowes bareng dengan titik awal di Manahan. Kemudian satu lagi acara yang selama sepekan ini menjadi kontroversi, yaitu jalan sehat yang menghadirkan Ahmad Dhani dan Neno Warisman.


Jalan sehat ini menjadi kontroversial karena dinilai memiliki unsur politis. Pasalnya jalan sehat akan mendatangkan dua tokoh yang aktif menyuarakan 2019 Ganti Presiden itu.

Ada 'Drama Haornas' dan Ketatnya Pengamanan di Solo Hari IniSpanduk penolakan Ahmad Dhani di Solo (Foto: istimewa)
Polisi sempat tak memberi izin acara jalan sehat karena alasan keamanan. Panitia pun tetap ngotot akan mengadakan jalan sehat dengan modal surat pemberitahuan saja.



Namun pada Jumat (7/9/2018) malam, akhirnya polisi memutuskan memberi izin kegiatan jalan sehat. Akan tetapi lokasi jalan sehat disepakati pindah dengan rute Bundaran Gladag, Bank Indonesia, Mangkunegaran, Keprabon, car free day Jalan Slamet Riyadi, kembali ke Gladag.

"Pada prinsipnya kegiatan supaya tidak terjadi penumpukan di Kottabarat, CFD, Gladag dan Manahan," ujar Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ribut Hari Wibowo usai apel pasukan Haornas, Sabtu (8/9).


Ada 'Drama Haornas' dan Ketatnya Pengamanan di Solo Hari Ini(Foto: Muchus Budi R)
Hingga Sabtu pagi kemarin, panitia belum memberi ketegasan atas kehadiran Dhani dan Neno. Panitia menyebut hal tersebut biarlah menjadi kejutan.

"Itu akan terungkap besok (hari ini, red), memang untuk surprise," kata humas panitia jalan sehat, Endro Sudarsono, kemarin.

Untuk mengamankan seluruh acara tersebut, TNI-Polri telah menyiagakan 2.500 pasukan. Dinas Perhubungan Surakarta juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Lapangan Kottabarat yang berpotensi terjadi kemacetan.


Jalan Wahidin akan ditutup dari SMA Murni ke utara. Simpang Gendengan yang biasa dibuka selama car free day, hari ini akan ditutup. Sebagai gantinya, simpang Purwosari akan dibuka.


Simak Juga 'Wah, Ada Kampung Asian Games Semeriah Ini di Solo':

[Gambas:Video 20detik]


(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed