DetikNews
Sabtu 08 September 2018, 20:12 WIB

Hutan di Gunung Sindoro Terbakar

Uje Hartono - detikNews
Hutan di Gunung Sindoro Terbakar Foto: Dok BPBD Wonosobo/detikcom
Wonosobo - Kebakaran hutan terjadi di Gunung Sindoro Kabupaten Temanggung. Kebakaran tersebut sempat meluas hingga wilayah Kabupaten Wonosobo.

Titik api yang bermula di petak 7B area perhutani Desa Canggal Kecamatan Candiroto, Temanggung saat ini sudah merembet ke jalur pendakian Desa Sigedang, Wonosobo.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Sabar mengatakan, saat ini api masih membakar hutan dengan arah angin ke barat. Disampaikan, api sudah sampai jalur pendakian Desa Sigedang, Wonosobo.

"Kebakaran hutan Gunung Sindoro masuk wilayah Temanggung tetapi saat ini sudah memasuki Wonosobo, tepatnya di jalur pendakian Desa Sigedang," ujarnya melalui sambungan telepon, Sabtu (8/9/2018).

Kebakaran hutan ini mulai terjadi pada Jumat (7/9/2018) di area perhutani Desa Canggal, Temanggung. Adapun luas daerah yang terbakar sekitar 3 hektar.

"Berdasarkan laporan yang kami peroleh jarak antara titik kebakaran dengan pemukiman warga di Temanggung sekitar 3 kilometer," kata dia.

Namun demikian, penyebab kebakaran hingga saat ini belum dapat diketahui. Saat ini, Perhutani, BPBD Temanggung dan beberapa masyarakat sudah melakukan pemadaman.

"Sebenarnya api sudah bisa dipadamkan kemarin. Tetapi karena cuaca panas dan angin yang bertiup cukup kencang sehingga masih terjadi kebakaran sampai sekarang," terangnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed