Di Makam Pendiri Mataram, Sajojo Doakan Jokowi Presiden Lagi

Usman Hadi - detikNews
Kamis, 06 Sep 2018 17:30 WIB
Ritual doa Sajojo untuk Jokowi (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Bantul - Relawan Jokowi yang tergabung dalam Sahabat Jokowi Jogjakarta (Sajojo) menggelar umbul donga atau memanjatkan doa di kompleks makam Panembahan Senopati, pendiri dinasti Mataram. Mereka berdoa Pilpres berjalan aman dan Jokowi menang lagi.

"Intinya adalah kita memohon di Pemilu 2019, negeri ini tetap aman dan Yogyakarta tetap damai," kata Koordinator Sajojo, Anton Subiyanto, di kompleks makam Kotagede, Bantul, Kamis (6/9/2018).

Ada puluhan relawan yang ikut serta dalam umbul donga tersebut. Mereka memakai pakaian pranakan Jawa. Sebelum memasuki kompleks makam, mereka menggelar prosesi singkat diiringi lantunan tembang Jawa.
Di Makam Pendiri Mataram, Sajojo Doakan Jokowi Presiden LagiMengemnakan pakaian pranakan, mereka melakukan umbul donga. (Foto: Usman Hadi/detikcom)

Para pelantun tembang membentuk barisan melingkar mengikuti pola delapan titik penjuru mata angin. Setelah prosesi selesai, mereka bersama-sama memasuki kompleks menuju pusara makam Panembahan Senopati.

Anton menuturkan, umbul donga di makam pendiri Mataram tersebut murni inisiatif relawan. Selain mendoakan leluhur Mataram, mereka juga memohon kepada Tuhan untuk kesuksesan Jokowi di Pilpres mendatang.

"Kami berharap bahwa Pak Jokowi kembali lagi memimpin di periode kedua," ujarnya.
Di Makam Pendiri Mataram, Sajojo Doakan Jokowi Presiden LagiMereka mendoakan kemenangan Jokowi. (Foto: Usman Hadi/detikcom)

Dia menjelaskan, para relawan memang sengaja memanjatkan doa di kompleks makam Panembahan Senopati yang dinilai telah melakukan berbagai cara untuk memakmurkan rakyat. Diharapkan, cita-cita leluhur Mataram tersebut dapat diwujudkan oleh Jokowi.

"Apa yang kita pilih nanti, Jokowi, untuk ke depan semoga bisa terkonteks dengan cita-cita leluhur," pungkas dia. (mbr/mbr)