Pesawat Milik Erix Soekamti Sudah Dievakuasi ke Lanud Yogya

Usman Hadi - detikNews
Rabu, 05 Sep 2018 08:32 WIB
Proses evakuasi pesawat latih yang jatuh di Gunungkidul. Foto: dok. Basarnas DIY
Gunungkidul - Pesawat latih microlight tipe sky ranger yang jatuh di Playen, Gunungkidul, DI Yogyakarta pada Selasa (4/8) sore berhasil dievakuasi aparat TNI AU. Proses evakuasi dilakukan pada Selasa malam.

"Sudah (dievakuasi TNI AU), sudah dibawa (ke Yogyakarta)," kata Koordinator Humas Basarnas DIY, Eriyanto saat dihubungi detikcom, Rabu (5/9/2018).

Eriyanto menuturkan, pesawat latih yang diawaki sekaligus milik vokalis band Endank Soekamti, Erix yang jatuh sempat tersangkut pohon kelapa dan mahoni. Setelahnya petugas gabungan dari TNI AU, Basarnas, BPBD, dan relawan menurunkan pesawat pada Selasa sekitar pukul 18.52 WIB.


Setelahnya, proses evakuasi diambil alih sepenuhnya oleh aparat TNI AU. Beberapa bagian badan pesawat seperti sayap dicopot oleh aparat, tujuannya supaya memudahkan proses evakuasi bangkai pesawat.

"Kalau kemarin katanya (badan pesawat) dipreteli (dipotong-potong), mungkin tidak semuanya dipotong-potong cuma hanya sebagian saja dipotong-potong gitu. Kemudian pesawatnya dibawa pakai truk," ujarnya.


"Informasinya pesawat dibawa ke Hanggar FASI Lanud Adisutjipto Yogyakarta (sampai) pukul 20.30 WIB," lanjutnya.

Terpisah Kapolsek Playen AKP Yusuf Tianotak, Kasubag Humas Polres Gunungkidul Iptu Ngadino, dan Kepala BPBD Gunungkidul Edy Basuki saat dikonfirmasi detikcom terkait proses evakuasi pesawat tidak merespon. (sip/sip)