Laka Pesawat di Gunungkidul

Saksi: Pesawat Tersangkut Pohon, Pilot dan Co-Pilot Turun Sendiri

Usman Hadi - detikNews
Selasa, 04 Sep 2018 19:08 WIB
Pesawat latih jatuh di Gunungkidul. (Foto: Dok Basarnas DIY)
Gunungkidul - Pesawat latih jenis ultralight PK S160 jatuh di pekarangan warga di Gunungkidul. Saksi melihat pilot dan co-pilot turun sendiri dari pesawat yang tersangkut di atas pohon.

Pesawat tersebut jatuh di pekarangan bernama Harso, tepatnya jatuh di RT 12, RW 01, Dusun Gading, Playen, Gunungkidul sore tadi sekitar pukul 16.00 WIB.


Salah seorang saksi mata, Toto Rusmindarto, menuturkan pesawat jatuh menimpa sebuah pohon kelapa dan mahoni di pekarangan tersebut.

"Warga awalnya enggak tahu, pertama tahu tiba-tiba ada suara kayak pohon tumbang. Kejadiannya (pesawat jatuh) sekitar pukul 16.00 WIB," kata Toto kepada wartawan di sekitar lokasi, Selasa (4/9/2018).

Ada dua orang yang kemudian keluar dari dalam pesawat, yakni pilot dan co-pilot. Menurut Toto, keduanya selamat dan bisa turun sendiri dari kokpit pesawat. Setelahnya keduanya menuju Polsek Playen.


Seorang warga lainnya, Usul, juga menuturkan hal yang sama. Awalnya dia tidak menyadari ada pesawat latih jatuh. Dia hanya sempat mendengar suara keras dari arah belakang rumahnya.

"Tadi (pesawat latih jatuh) suaranya keras," jelasnya.

Sementara itu kapolsek Playen, AKP Yusuf Tianotak, membenarkan adanya pesawat latih jatuh di wilayahnya. "Benar (ada pesawat jatuh)," katanya lewat pesan singkat kepada detikcom. (mbr/mbr)