BMKG: Perairan Selatan Jateng Berbahaya untuk Semua Jenis Kapal

Arbi Anugrah - detikNews
Rabu, 29 Agu 2018 11:07 WIB
(Foto: Rilis BMKG Cilacap)
(Foto: Rilis BMKG Cilacap)
Cilacap - Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi 4-6 meter yang terjadi di wilayah perairan Selatan Jateng. Peringatan tersebut dikeluarkan karena berbahaya bagi semua jenis kapal dan aktifitas kelautan.

"Hari ini 29 Agustus mulai pukul 07.00 WIB hingga 1 September 2018 pukul 07.00 WIB, Khususnya di perairan selatan Jawa Tengah, ketinggian gelombang diperkirakan bisa mencapai 4-6 meter, berbahaya bagi semua jenis kapal dan aktifitas kelautan," kata Prakirawan BMKG Cilacap, Rendi Krisnawan dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (29/8/2018).

Menurut dia dalam keterangan tersebut, gelombang tinggi disebabkan adanya peningkatan kecepatan angin yang mencapai 46 kilometer per jam di Laut Andaman dan Samudera Hindia barat Australia yang menyebabkan terjadi peningkatan gelombang tinggi di Laut Andaman.

"Peningkatan gelombang tinggi juga terjadi di Pulau Enggano hingga barat Lampung. Perairan selatan Jawa hingga NTT dan Samudera Hindia barat Bengkulu hingga Selatan NTT," jelasnya.

Dia juga menghimbau agar seluruh pengguna jasa kelautan untuk memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

"Masyarakat, nelayan dan kapal-kapal harap memperhatikan kondisi tersebut sebelum melaut," jelasnya. (arb/mbr)