detikNews
Jumat 24 Agustus 2018, 15:18 WIB

Ini Alasan Bangsawan Kelantan Sumbang Rp 2 M untuk Situs Demak

Wikha Setiawan - detikNews
Ini Alasan Bangsawan Kelantan Sumbang Rp 2 M untuk Situs Demak Serambi Masjid Kadilangu di Demak (Foto: Wikha Setiawan/detikcom)
Demak - Bangsawan asal Kelantan Malaysia menyalurkan 36 ekor sapi untuk kurban di Demak, Jateng. Bahkan kemudian dia menyumbang Rp 2 miliar untuk situs masjid dan makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Demak. Ini Alasannya.

Tahun ini, Datu Tuan Raja Azhar bin Yang Mulia Datu Raja Wahab yang juga pemilik Yayasan Raja Sakti At Thomim Sunan Kalijaga di Kelantan, Malaysia, menyalurkan 36 ekor sapi kurban untuk dibagikan kepada masyarakat di Demak.

Tak cuma itu pihak yayasan awalnya akan menyalurkan bantuan Rp 200 juta untuk pengelolaan makam Sunan Kalijaga dan masjid Kadilangu, yang juga merupakan bangunan bersejarah peninggalan wali penyebar Islam di Nusantara tersebut.


"Setelah melihat masjid dan makam, akhirnya ditambah menjadi Rp 2 miliar. Bantuan itu sudah diberikan secara simbolis masing-masing Rp 100 juta. Sisanya akan diberikan secara bertahap," kata perwakilan yayasan yang hadir ke Demak, Hadi Rumnan, Jumat (24/8/2018).
Ini Alasan Bangsawan Kelantan Sumbang Rp 2 M untuk Situs DemakHadi Rumnan (Foto: Wikha Setiawan/detikcom)

Hadi menambahkan, bagi Datu Tuan Raja Azhar Bin Datu Raja Wahab, pelestarian dan perawatan makam Sunan Kalijaga dan Masjid Kadilangu harus dipentingkan karena memiliki nilai sejarah penting bagi Nusantara.


"Karena beliau memang suka berkunjung ke tempat-tempat bersejarah. Di sini sudah kesekian setelah di Malaysia, Thailand, Makassar, dan Tidore," paparnya.

Setelah di Kabupaten Demak, kegiatan bakti sosial rencananya akan dilakukan di Solo dan Yogyakarta. "Rencananya akan ke Solo dan Yogyakarta," kata Hadi.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com