DetikNews
Kamis 23 Agustus 2018, 15:03 WIB

Menlu Retno: Asian Games 2018 Bisa Persatukan Korea

Ristu Hanafi - detikNews
Menlu Retno: Asian Games 2018 Bisa Persatukan Korea Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi menyebutkan event Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang tidak sebatas ajang olahraga saja, namun juga menjadi momentum merekatkan persahabatan dan perdamaian dunia. Salah satunya adalah bersatunya Korea Utara dan Korea Selatan ke dalam satu kontingen.

"Bicara Asian Games bukan sisi olahraga saja, tapi sisi politik bangsa Indonesia dengan dunia. Indonesia mendapat apresiasi karena Asian Games bisa menjadi perekat persahabatan dan perdamaian antara Korea Utara dan Korea Selatan. Kedua kontingen bergabung membentuk tim bersama untuk tiga cabang olahraga dengan jumlah atlet sekitar 50 orang," kata Retno saat menjadi keynote speaker Kongres Pancasila X di Balai Senat UGM, Kamis (23/8/2018).

Retno mengungkapkan petinggi kedua negara tersebut yang hadir dalam pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus kemarin, sempat menemui Presiden Joko Widodo dan menyampaikan apresiasi kepada Indonesia.

"Mereka menyampaikan apresiasi kepada Indonesia yang secara konsisten mendorong perdamaian di semenanjung Korea. Juga memberi apresiasi karena memberi kesempatan kedua negara sebagai satu tim di Asian Games 2018, bisa berkontribusi dalam penguatan confidence building measures antara Korea Utara dan Korea Selatan," jelasnya.

Selain itu, Retno juga menekankan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia untuk perdamaian dunia.

"Indonesia memiliki rekam jejak diplomasi yang secara konsisten terus berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kesejahteraan dunia. Sesuai amanat dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945," imbuhnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed