DetikNews
Selasa 21 Agustus 2018, 17:50 WIB

Presiden Jokowi Kirim 2 Sapi Kurban di Kampung Halamanya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Presiden Jokowi Kirim 2 Sapi Kurban di Kampung Halamanya Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Presiden Joko Widodo kembali berkurban sapi di kampung halamannya, Kota Solo. Seperti tahun-tahun sebelumnya, presiden menyumbang dua ekor sapi berukuran besar.

Dua ekor sapi itu berjenis limousin dan simental. Sapi berjenis limousin memiliki bobot 950 kg, sedangkan sapi berjenis simental berbobot 1.100 kg atau 1,1 ton.

"Yang limousin untuk Masjid Al-Wustho sudah datang sore ini. Yang simental diantar ke Masjid Agung besok pagi," kata Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta, HM Muhtarom, Selasa (21/8/2018).

Adapun kedua sapi tersebut dibeli oleh utusan presiden di Polokarto, Sukoharjo. Sudah tiga kali Idul Adha sapinya dipilih oleh Jokowi untuk dikurbankan di Solo.

Pemilik peternakan sapi, Kuncoro Budi Santoso, mengatakan kedua sapi tersebut lahir di kandang miliknya. Keduanya dibesarkan selama sekitar 4,5 tahun olehnya.

"Saya dihubungi utusan presiden, diminta mengirim foto sapi terbaik. Saya pilihkan lima sapi terbaik," kata Kuncoro.

Menurutnya, lima sapi itu merupakan sapi paling besar dari sekitar 100 ekor sapi yang ia punya. Sapi-sapinya antara lain berjenis hidden angus, simmental dan limousin.

"Yang dipilih dua sapi itu. Bangga ya, karena yang dipilih adalah sapi kami yang asli dari desa, bukan sapi impor," ujar dia.

Rencananya kedua sapi akan disembelih sesudah salat Idul Adha besok, Rabu (22/8). Daging sapi akan dibagikan oleh takmir masjid kepada masyarakat Solo.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed