DetikNews
Jumat 17 Agustus 2018, 18:03 WIB

Upacara Bendera Ini Dilaksanakan di Tengah Laut

Usman Hadi - detikNews
Upacara Bendera Ini Dilaksanakan di Tengah Laut Upacara di tengah laut (Foto: Usman Hadi/detikcom)
FOKUS BERITA: HUT RI Ke-73
Gunungkidul - Upacara bendera di tanah lapang sudah sering dilakukan. Lain hal dengan ratusan warga di Gunungkidul ini. Mereka melaksanakan upacara HUT kemerdekaan di tengah Laut Selatan.

"Ada ratusan peserta, upacara ini (di tengah laut) yang keenam kalinya," kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah II Gunungkidul, Marjono kepada wartawan di lokasi, Jumat (17/8/2018).

Upacara bendera tersebut dilaksanakan di sekitar Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Acara tersebut khusus digelar warga untuk memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia.

Adapun teknis upacaranya yakni dengan menancapkan tiang di sebuah papan yang diapungkan di tengah laut. Setelah teks proklamasi dikumandangkan, lalu peserta upacara menceburkan dirinya ke tengah laut.

Dari ratusan peserta tersebut, tiga di antaranya khusus membawa bendera merah-putih. Sedangkan ratusan peserta lainnya mengikuti dari belakang dengan cara berenang menerjang gelombang memakai pelampung.

Tiga orang pembawa bendera berhasil mencapai papan tertancap tiang yang terapung di tengah laut. Namun tak sedikit peserta lainnya sempat gagal ke tengah laut karena diterjang tingginya gelombang Laut Selatan.

Setelah tiga orang berhasil mendekat ke papan, lalu mereka mengibarkan bendera merah-putih. pascaberkibar, lantas mereka bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjut memekikkan 'merdeka'.

"Momen ini kita angkat untuk mengembalikan kepariwisataan di Gunungkidul khususnya wisata pantai. Karena dampak gelombang tinggi kemarin banyak wisatawan yang trauma, dan takut berkunjung ke pantai," ucap Marjono.

Marjono menuturkan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan turut disiagakan perahu jukung dan jet ski di sekitar lokasi upacara bendera di tengah Laut Selatan. Sejumlah personel SAR juga disiagakan.

Salah satu peserta upacara, Aditya menambahkan, memang jumlah kunjungan wisatawan ke pantai Gunungkidul menurun drastis akibat gelombang tinggi beberapa waktu lalu. Dia berharap setelah ini geliat wisata pantai bangkit.

"Harapan kami mudah-mudahan dengan adanya upacara bendera di tengah laut ini bisa mengembalikan (jumlah) kunjungan wisatawan ke pantai," harap Aditya.


(mbr/mbr)
FOKUS BERITA: HUT RI Ke-73
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed