Begini Suasana Upacara HUT RI di Dalam Kolam Pemandian Senjoyo

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 17 Agu 2018 11:55 WIB
Upacara HUT RI ke 73 di Umbul Senjoyo (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kabupaten Semarang - Warga Desa Tegalwaton, Tengaran, Kabupaten Semarang, melakukan Upacara HUT RI ke-73 di sumber mata air Senjoyo. Upacara yang dilangsungkan ini sekaligus untuk lebih mempromosikan objek wisata pemandian kuno dengan sumber air alami tersebut.

Peserta upacara melibatkan perwakilan dari 8 dusun di desa itu. Mereka terdiri dari PKK, karang taruna dan warga masyarakat. Seluruh peserta upacara berada di dalam Kolam Bandung Senjoyo, kecuali tamu undangan, panduan suara dari PKK dan inspektur upacara yang berada di pinggir kolam.

"Kalau upacara di lapangan sudah biasa, tapi di kolam baru kali ini," kata Rohayati, salah satu peserta upacara. "Sekalipun dingin, asyik juga," tuturnya.
Begini Suasana Upacara HUT RI di Kolam Pemandian Kuno SenjoyoPeserta upacara berada di dalam kolam pemandian (Foto: Eko Susanto/detikcom)


Kepala Desa Tegalwaton, Tri Setyawati yang menjadi inspektur ucapara mengatakan, upacara HUT RI yang dilangsungkan di air ini sekaligus mengenalkan Senjoyo.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Senjoyo Village, Edi Siswanto, menambahkan untuk membangun desa wisata Senjoyo Village, memanfaatkan momentum HUT Kemerdekaan RI serta mengembangkan potensi yang ada salah satunya Senjoyo.

"Senjoyo ini diharapkan menjadi unggulan wisata yang diidam-idamkan. Kami mengadakan upacara di dalam air sekalian untuk mengembangkan jiwa rasa memiliki akan tempat wisata ini," katanya. (mbr/mbr)