DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 21:06 WIB

Peringati Kemerdekan RI, Warga di Demak Kirab 73 Ingkung Ayam

Wikha Setiawan - detikNews
Peringati Kemerdekan RI, Warga di Demak Kirab 73 Ingkung Ayam Foto: Wikha Setiawan/detikcom
Demak - Ada beragam cara untuk mengungkapkan rasa syukur di Hari Kemerdekaan Indonesia. Ribuan warga di Desa Jungpasir Kecamatan Mijen, Kabupaten Demak menggelar kirab 73 ayam ingkung sebelum melangsungkan doa bersama.

Kirab ayam ingkung tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Desa setempat, Zabidi disusul ibu-ibu dengan berbaris menuju masjid desa.

Usai kirab, acara dilanjutkan dengan pembacaan Al Barzanji sebelum kemudian berdoa untuk kemakmuran Indonesia dan sujud syukur secara massal.

"Ini adalah hari penting dan bersejarah bagi semua warga masyarakat di Indonesia. Desa Jungpasir menjadi bagian dari negara tercinta ini. Sehingga sudah sepatutnya hari kemerdekaan dirayakan dan disyukuri," ujarnya kepada detikcom di sela acara, Kamis (16/8/2018).

Kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sedikitnya ada 73 ayam ingkung yang dikirab dan dimakan secara bersama setelah serangkaian doa.

"Ini simbol bahwa kemerdekaan RI sudah yang ke-73 tahun. Kebahagiaan ini sudah sepatutnya disyukuri. Kemerdekaan itu milik semua warga masyarakat," paparnya.

Dalam kesempatan itu, semua warga Desa Jungpasir menggelar doa dan sujud syukur bersama untuk memohon kemakmuran dan kedamaian bagi Indonesia.

"Harapan besar kami adalah kemakmuran dan kedamaian. Kita ini disatukan dalam negera Indonesia yang bhineka tunggal ika," lanjutnya.

Aminah, seorang warga Desa Jungpasir mengatakan bahwa perayaan kemerdekaan dapat juga menjadi momen kebersamaan.

"Kita tidak bisa membayangkan para pejuang dulu dalam melawan penjajah. Kita ini kan enak tinggal mensyukuri, mosok tidak mau. Mari bersama-sama bersyukur," tandasnya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed