DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 18:05 WIB

Bendera Merah Putih untuk Upacara 17 Agustus di Yogya Dikirab

Edzan Raharjo - detikNews
Bendera Merah Putih untuk Upacara 17 Agustus di Yogya Dikirab Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Bendera Merah Putih yang akan digunakan upacara 17 Agustus dikirab oleh prajurit Keraton Yogyakarta dan Paskibraka DIY. Bendera Merah Putih dikirab dengan kereta kencana dari Kepatihan, Kantor Gubernur DIY menuju Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta, Kamis (16/8/2018).

Iring-iringan kirab berangkat dari Gedung Agung menuju Kepatihan untuk mengambil bendera pusaka. Bendera diserahkan oleh Sekda DIY Gatot Saptadi kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga DIY, Kadarmanto Baskara Aji. Bendera kemudian diserahkan kepada Paskibraka yang bertugas tahun lalu.

Bendera tersebutkemudian dibawa ke kereta kencana yang ditarik empat ekor kuda. Iring-iringan prajurit keraton dan Paskibraka mengawal kereta kencana. Bendera ini dikirab menuju gedung Agung untuk upacara 17 Agustus besok pagi.
Bendera Merah Putih untuk Upacara 17 Agustus di Yogya DikirabFoto: Edzan Raharjo/detikcom

"Ini memadukan budaya dengan kegiatan-kegiatan yang kita lakukan pada saat proklamasi ini," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah DIY, Sulistyo di kantor Gubernur DIY.

Pasukan yang terlibat dalam kirab ini yaitu prajurit keraton Yogyakarta, Paskriba tahun lalu. Dengan memadukan budaya pada kegiatan peringatan kemerdekaan RI ini diharapkan bisa memberikan kesan adanya penghargaan terhadap budaya dan tradisi.

"Ini baru yang pertama kali, karena di pusat juga menggunakan kereta kencana. Kenapa di Yogya tidak melakukan itu. Kemudian kita kemas dengan kereta kencana dan pasukan bregada untuk pengambilan bendera," pungkasnya.


(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed