DetikNews
Rabu 15 Agustus 2018, 17:26 WIB

Melihat Pohon Randu Bisa 'Kencing' di Rembang

Arif Syaefudin - detikNews
Melihat Pohon Randu Bisa Kencing di Rembang Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang - Perhatian warga Desa Jolotundo, Kecamatan Lasem, Rembang, sejak kemarin tersita oleh fenomena unik, yakni pohon randu yang tiba-tiba mengeluarkan air yang selalu menyembur dari dalam batang pohonnya.

Pohon tersebut berada di RT 17 RW 8, tepatnya di sebelah barat lapangan Desa Jolotundo. Air yang keluar dari batang pohon, berwujud semburan, sehingga warga spontan menjulukinya pohon kencing.

Sudiyati, warga yang rumahnya tepat di depan pohon tersebut mengatakan, pohon diketahui pertama kali mengeluarkan semburan air pada hari Selasa (14/8/) malam. Saat itu, ada anak yang sedang berjalan kaki melintasi pohon tersebut.

Melihat Pohon Randu Bisa 'Kencing' di RembangFoto: Arif Syaefudin/detikcom
Namun mendadak anak tersebut menangis, dan lari ketakutan. Sebab, ketika ia melintasi pohon kapuk randu tersebut merasa seperti ada yang mengencinginya dari atas pohon.

"Dia kan nangis, terus saya kaget. Spontan pikiran kita langsung mengarah ke hal gaib yang usil," katanya saat ditemui detikcom, Rabu (15/8/18).

Setelah dicek pakai lampu penerangan ternyata ada semburan air yang konstan dari batang pohon bagian atas. Terus menyembur meskipun kecil. "Ternyata memang batang pohonnya itu keluar airnya. Ya nyemprot gitu, kayanya sebesar jarum itu semprotannya," imbuhnya.

Melihat Pohon Randu Bisa 'Kencing' di RembangFoto: Arif Syaefudin/detikcom
Warga pun berebut menadahi pancuran air dari batang pohon tersebut. Ada juga yang penasaran untuk mencicipi rasanya.

"Rasanya ya biasa saja, encer seperti air biasa. Rasanya seperti buah randu ini, enak, ada sepet-sepet dikit gitu. Warnanya merah kecoklatan," aku Sukarmin.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed