DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 18:05 WIB

Kena Tilang karena Setop di Jalan Sarkem Yogya, Pengendara Protes

Edzan Raharjo - detikNews
Kena Tilang karena Setop di Jalan Sarkem Yogya, Pengendara Protes Pengendara di Jalan Pasar Kembang Yogya kena tilang. Foto: Edzan Raharjo/detikcom
Yogyakarta - Petugas gabungan menertibkan para pengendara yang berhenti atau parkir di Jalan Pasar Kembang (Sarkem) Yogyakarta. Beberapa pengendara protes karena beralasan hanya berhenti sebentar.

Puluhan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan DIY dan kepolisian menertibkan dari ujung barat sampai ujung timur jalan Pasar Kembang. Saat petugas datang, para pengendara yang sedang berhenti di depan gerbang stasiun Tugu buru-buru pergi. Beberapa pengendara yang tak sempat pergi langsung ditilang petugas.

"Hanya berhenti sebentar, tidak sampai satu menit, kalau parkir itu lebih satu menit, saya nggak nyampe," kata Rio (24), salah seoran pengendara mobil yang ditilang di Jalan Pasar Kembang di depan Stasiun Tugu Yogyakarta, Selasa (14/8/2018).

Kepala Seksi Manajemen Lalu Lintas Dinas Perhubungan DIY, Bagas Senoadji mengatakan ruas Jalan Pasar Kembang dilarang untuk parkir kendaraan roda dua, roda empat atau tidak bermotor. Sosialisasi larangan berhenti atau parkir di Jalan Pasar Kembang sudah dilakukan sejak sebelum lebaran.

Rambu-rambu tanda larangan berhetni dan parkir sudah terpasang selain itu juga dipasang spanduk. Masyarakat yang akan menjemput penumpang kereta api agar menggunakan lahan parkir yang sudah disediakan PT KAI.

Pengendara kena tilang di Jalan Pasar Kembang Yogyakarta. Pengendara kena tilang di Jalan Pasar Kembang Yogyakarta. Foto: Edzan Raharjo/detikcom

"Pada penegakan hukum ini 7 kendaraan roda empat dan 2 pengendara sepeda motor ditilang karena melanggar rambu-rambu yang sudah kita pasang," kata Bagas Senoadji di Jalan Pasar Kembang.

Di lokasi yang sama, Kasi Penindakan Pelanggaran Subdit Gakkum Polda DIY, Kompol Aris Waluyo mengatakan jika di sepanjang Jalan Pasar Kembang ini tidak ditertibkan maka akan terjadi kemacetan. Rambu-rambu larangan sudah ada di sepanjang jalan Pasar Kembang.

"Sudah ada rambu-rambu, ini sama sekali tidak boleh setop, setop saja tidak boleh malah parkir," kata Aris.


Tonton juga video: 'Bule Kena Tilang Ganjil-Genap di Jakarta Timur'

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed