DetikNews
Selasa 14 Agustus 2018, 13:01 WIB

Dinilai Abaikan Persyaratan, 5 Baceleg Nasdem Dicoret KPU DIY

Usman Hadi - detikNews
Dinilai Abaikan Persyaratan, 5 Baceleg Nasdem Dicoret KPU DIY Foto: Redaksi
Yogyakarta - Lima bacaleg dari Partai Nasdem dicoret oleh KPU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kelima bacaleg tersebut dinilai tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai bacaleg karena tidak melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan oleh aturan yang berlaku.

Kelima bacaleg tersebut dinyatakan TMS oleh KPU DIY. Selanjutnya pihak Partai Nasdem tidak menerima begitu saja keputusan KPU, sehingga hari ini mengajukan gugatan ke Bawaslu setempat.

"Yang dipersoalkan (Partai Nasdem) berkaitan dengan tidak adanya ijazah dan surat keterangan dari pengadilan negeri bahwa yang bersangkutan tidak pernah dipidana, dipenjara," kata Ketua Divisi Hukum KPU DIY, Siti Ghoniyatun, di Kantor Bawaslu DIY, Selasa (14/8/2018).

Hari ini pihak KPU DIY menghadapi dua gugatan partai, yakni PPP dan Partai Nasdem. Kedua partai tersebut hari ini dipertemukan dengan KPU oleh Bawaslu dengan agenda mediasi.


Anggota Bawaslu DIY, Sri R Werdiningsih mengatakan, siang ini pihaknya menggelar mediasi secara tertutup di Kantor Bawaslu DIY. Pertama Mediasi antara PPP dengan KPU DIY, disusul mediasi Partai Nasdem dengan KPU DIY.

"Hari ini kita melakukan mediasi secara pergantian. Mediasi Partai Nasdem sekitar jam 13.00 WIB nanti," ungkapnya.

Permohonan gugatan PPP dan Partai Nasdem dilayangkan ke Bawaslu DIY beberapa waktu lalu. Bawaslu DIY berupaya mempertemukan pihak-pihak yang bertikai untuk mencari solusi dengan cara musyawarah.


"Nanti kalau mediasi ini bisa tercapai kata sepakat, maka kemudian akan dituangkan dalam berita acara kesepakatan yang ditandatangani kedua belah pihak. Poin-poin kesepakatan juga ditandatangani Bawaslu DIY," ujarnya.

"Kalau mediasi gagal maka selanjutnya akan kami lanjutkan dengan proses pemeriksaan ajudikasi," pungkas dia.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed