detikNews
Senin 13 Agustus 2018, 14:14 WIB

Keren! Ada Bendera Merah Putih Raksasa di Gunung Purba Nglanggeran

Usman Hadi - detikNews
Keren! Ada Bendera Merah Putih Raksasa di Gunung Purba Nglanggeran Bendera merah putih raksasa di Gunung Api Purba Nglanggeran. Foto: Usman Hadi/detikcom
Gunungkidul - Bendera merah putih raksasa tampak gagah dibentangkan di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bendera berukuran 42x28 meter tersebut dibentangkan di Bukit Bucu untuk memperingati HUT ke-73 RI.

"Ini event pengibaran bendera raksasa dengan ukuran 42x28 meter, kita bentangkan di Gunung Bucu dengan ketinggian sekitar 250 meter dengan kemiringan 90 derajat," kata Koordinator Acara, Aris Budiono kepada wartawan di lokasi acara, Senin (13/8/2018).

Aris mengatakan, pengibaran bendera raksasa baru pertama kali terlaksana di Gunung Api Purba Nglanggeran. Selain itu, warga yang tergabung dalam pokdarwis juga memasang sebanyak 1.300 bendera ukuran kecil di sekitar Embung Nglanggeran.

"Event ini baru perdana, dengan bendera sepanjang itu baru pertama kali (dikibarkan) di Gunungkidul. Memang ini jadi momentum dan sejarah bagi kami, terutama masyarakat Nglanggeran," ungkap Aris.

Bendera merah putih raksasa di Gunung Api Purba Nglanggeran. Bendera merah putih raksasa di Gunung Api Purba Nglanggeran. Foto: Usman Hadi/detikcom

Pengibaran bendera raksasa di Gunung Api Purba Nglanggeran sebenarnya telah direncanakan tahun lalu. Namun, rencana tersebut baru terealisasi tahun ini. Pihaknya mulai bersiap sejak dua bulan lalu dengan menyiapkan bendera dan peralatan lainnya.

"Kami mengadakan bambu sekitar 1.300, kemudian persiapan pembuatan bendera (merah putih ukuran raksasa) itu tidak bisa diselesaikan satu minggu, kami membutuhkan waktu satu bulan untuk menjahitnya," jelasnya.

"Sebelum dibawa ke atas bukit, itu bendera kita cek di lapangan bola, cek jahitannya. Kita kasih kolom, kemudian kita naikkan. Kamis tanggal 9 Agustus kami menaikkan bendera dengan cara digulung dan digotong," lanjutnya.

Bendera merah putih raksasa di Gunung Api Purba Nglanggeran. Bendera merah putih raksasa di Gunung Api Purba Nglanggeran. Foto: Usman Hadi/detikcom

Proses menaikkan bendera raksasa tersebut dilakukan oleh 73 orang dari berbagai elemen. Terdiri dari TNI. Polri, Pokdarwis, warga masyarakat, dan relawan. Adapun ke-73 orang tersebut sesuai dengan HUT ke-73 RI, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus besok.

Setelah bendera raksasa terpasang di atas bukit, hari ini pokdarwis dan pemerintah setempat mengibarkan bendera raksasa tersebut. Aris berharap dengan berkibarnya bendera raksasa ini dapat menginspirasi dan menumbuhkan nasionalisme di tengah masyarakat.

Keren! Ada Bendera Merah Putih Raksasa di Gunung Purba NglanggeranFoto: Usman Hadi/detikcom

"Untuk kendala (pengibaran bendera raksasa) barangkali karena jalur itu bukan jalur pendakian. Itu hutan murni, kita membuka jalur itu khusus pengibaran ini. Untuk penurunan bendera seberat 2 kuintal ini akan kami laksanakan 20 Agustus," pungkasnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono menuturkan, pengibaran bendera raksasa tersebut juga dalam rangka mendongkrak wisatawan di Nglanggeran. "Agar pariwisata di Gunung Kidul semakin maju," tutupnya.



Tonton juga video: 'Ratusan Pecinta Alam di Garut Bentangkan Merah Putih di Tebing'

[Gambas:Video 20detik]


(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed