DetikNews
Jumat 10 Agustus 2018, 13:07 WIB

MUI Jateng Sebut Duet Jokowi-Ma'ruf Sesuai Track Record Indonesia

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
MUI Jateng Sebut Duet Jokowi-Maruf Sesuai Track Record Indonesia Ketua MUI Jateng, KH Ahmad Daroji. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah menegaskan tidak akan terseret politik meski Ketua Umum MUI, Ma'ruf Amin dipilih Jokowi sebagai cawapres. Namun MUI Jateng menilai pasangan tersebut sudah sesuai dengan track record berdirinya negara Indonesia.

Ketua MUI Jateng, KH Ahmad Daroji mengatakan dirinya selaku ketua MUI Jateng merasa bersyukur ketua umumnya menjadi cawapres. Menurutnya perjuangan pasangan Jokowi-Ma'ruf sudah sesuai dengan sejarah berdirinya bangsa yang merupakan perpaduan nasionalis-religius.

"Selaku ketua MUI Jateng saya bersyukur ketua kami jadi cawapres. Sebetulnya inilah track record yang harusnya terjadi. Sejak era sebelum kemerdekaan menjelang kemerdekaan itu sudah bersama-sama, yang disebut kaum nasionalis dan kaum ulama, bagaimana menyusun UUD, proklamasi, Pancasila," kata Daroji saat ditemui di kantornya, Semarang, Jumat (10/8/2018).

Meski demikian ia menegaskan MUI Jateng tidak terseret politik dan tetap membebaskan hak politik bagi individu di MUI Jateng. Daroji pun menyebut jika sedang bertugas sebagai orang MUI, maka lepas baju politiknya.

"MUI tidak berpolitik praktis, orangnya ya tidak bisa dipaksa, punya aspirasi. Kalau di MUI, lepas baju politiknya, kalau coblos Prabowo silakan, Jokowi silakan. Kayak saya (Ketua MUI Jateng) sudah tidak boleh ditarik-tarik poltik, kalau Daroji pilih apa, boleh," jelasnya.



Tonton juga video: 'Gaya Jokowi-Ma'ruf Amin Deklarasi di Gedung Joang'

[Gambas:Video 20detik]


(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed