detikNews
Rabu 08 Agustus 2018, 17:43 WIB

Ombak Tinggi Rusak Jalan Pantai Glagah dan Ancam Tambak Udang

Ristu Hanafi - detikNews
Ombak Tinggi Rusak Jalan Pantai Glagah dan Ancam Tambak Udang Foto: Dok Satlinmas Wilayah V Pantai Glagah/detikcom
Kulon Progo - Jalan penghubung obyek wisata Pantai Glagah dan Pantai Congot, di Kecamatan Temon, Kulon Progo ambrol diterjang ombak tinggi pantai selatan. Kerusakan mencapai panjang sekitar 40 meter.

"Jalur jalan selatan Pantai Glagah menuju Congot dan sebaliknya rusak dan ambrol tergerus abrasi akibat gelombang tinggi," kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi V Pantai Glagah, Congot, Trisik, dan Bugel, Aris Widiatmoko saat dihubungi detikcom, Rabu (8/8/2018).

Peristiwa tersebut terjadi pagi tadi. Tim SAR dan warga mendapati sebagian jalan sudah ambrol dengan kedalaman sekitar 3 meter dan panjang 40 meter. Di sekitar lokasi langsung dipasangi papan penanda dan police line agar warga atau wisatawan berhati-hati ketika melintasi jalan tersebut.

"Tanah dan aspal labil bisa amblas kapan saja kalau semakin tergerus gelombang air pantai. Kalau kendaraan kita imbau tidak melintas dulu. Ini sudah kami informasikan juga ke Pemkab karena jalan itu salah satu penghubung dari Glagah ke Congot," jelasnya.

Tak hanya itu, gelombang tinggi juga mengancam tambak udang yang berada tidak jauh dari lokasi jalan yang ambrol tersebut.

"Jalan yang rusak dengan tambak milik saya hanya sekitar 10 meter," kata Supangat, petambak udang setempat.

Supangat mengaku ombak tinggi sudah menggerus ruas jalan penghubung Pantai Glagah dan Pantai Congot sejak 28 Juli lalu. Dia khawatir jika kondisi ombak terus tinggi bisa menerjang tambak udang miliknya.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com