DetikNews
Senin 06 Agustus 2018, 12:55 WIB

Pemprov Jateng Kirim Bantuan Pasca Gempa 7 SR di Lombok

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Pemprov Jateng Kirim Bantuan Pasca Gempa 7 SR di Lombok Persiapan pengiriman bantuan ke NTB. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Semarang - Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah mengirimkan bantuan ke Nusa Tenggara Barat (NTB) pasca gempa yang menewaskan 91 orang. Bantuan akan dikirim lewat jalur udara karena kondisi darurat.

Persiapan dilakukan di kantor BPBD Jawa Tengah, Jalan Imam Bonjol Semarang. Saat ini bantuan-bantuan masih dipacking dan ada juga yang masih dikirim dari Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana mengatakan bantuan yang dikirimkan antara lain mi instan, gula, kopi, teh, susu, minyak goreng, hingga tas berisi perlengkapan sekolah.

"Kami dari Jawa tengah ikut prihatin dengan kejadian di NTB. Ini nilainya sekitar Rp 150 juta. Berapapun nilainya ini nanti akan sekuler dari temen-temen PNS dan Non PNS di BPBD," kata Sarwa di kantornya, Senin (6/8/2018).

Selain bantuan logistik, akan dikirim juga 25 personel BPBD Jateng untuk membantu penanganan pasca gempa. Sarwa berharap Angkasa Pura I memberikan kemudahan dalam mengangkut bantuan tersebut.

Pengiriman bantuan dari Jateng untuk Lombok.Pengiriman bantuan dari Jateng untuk Lombok. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

"Harapan kami ada kemudahan akses, kalau ada kemudahan ya beras bisa kita kirim, soalnya kalau lewat darat kelamaan, kita butuh respon cepat," tegasnya.

Pengalaman personel dari Jateng diharapkan bisa banyak membantu di lokasi gempa salah satunya untuk pembangunan tenda darurat dan dapur umum di sana. Untuk efisiensi waktu, maka bantuan logistik dan personel akan diberangkatkan malam nanti.

"Nanti berangkat jam 20.30. Bantuan ini mungkin tidak seberapa tapi kita peduli dan untuk menggugah masyarakat di dunia usaha agar meringankan beban masyarakat di NTB. Ini beberapa dari Jateng juga sudah mulai bergerak," terangnya.

Untuk diketahui, akibat gempa 7 SR yang terjadi kemarin, korban tewas hingga saat ini bertambah menjadi 91 orang. Sekitar 209 orang lainnya mengalami luka-luka.
(alg/sip)
FOKUS BERITA: Gempa Lombok 6,9 SR
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed