DetikNews
Jumat 03 Agustus 2018, 09:20 WIB

Kreatif! Ada Lukisan 3 Dimensi Jalanan Perumahan Sleman

Ristu Hanafi - detikNews
Kreatif! Ada Lukisan 3 Dimensi Jalanan Perumahan Sleman Lukisan 3 dimensi di jalanan perumahan Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom
Sleman - Belakangan ini bermunculan spot foto yang instagramable di sejumlah daerah. Spot foto itu biasanya berada di objek-objek wisata untuk memanjakan pengunjung terutama yang aktif di media sosial. Mereka bisa berfoto dan mengunggahnya di akun pribadi masing-masing.

Namun spot foto satu ini bukan berada di objek wisata, melainkan di kompleks perumahan warga. Berlokasi di RT 05 RW 35, Perumahan Nogotirto Elok V, Gamping, Kabupaten Sleman, warga setempat sengaja mencat permukaan jalan perumahan mereka dengan ragam lukisan mural.

Jika dipandang dari sudut tertentu, mural tersebut tampak 3 dimensi dan menjadi lebih hidup. Contohnya mural permadani. Warga bisa berfoto dengan berdiri di atas mural itu seakan-akan dia sedang terbang di atas permadani. Ada juga mural zebra cross, perahu, dan kubik.

Salah satu warga setempat, Benno Lintang (26) mengatakan mural itu baru dibuat akhir pekan lalu. Warga setempat swadaya mencat permukaan jalan dalam rangka menyambut HUT Ke-73 RI.

"Ide ini muncul spontanitas, bagaimana mempercantik kompleks perumahan dan akhirnya disepakati mencat jalan dilukis gambar 3 dimensi secara swadaya," ujarnya, Kamis (2/8/2018).

Saat ini sudah ada 7 mural yang menghiasi jalan konblok perumahan. Nantinya jumlah mural akan ditambah lagi serta pemasangan pernak-pernik di kanan-kiri jalan.

Lukisan 3 dimensi di jalanan perumahan Sleman. Lukisan 3 dimensi di jalanan perumahan Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom

"Karena spontan, jadi belum ada konsep atau tema khusus. Prinsipnya hanya mempercantik lingkungan perumahan," jelasnya.

Benno mengungkapkan awalnya kreativitas warga ini hanya untuk menyambut Hari Kemerdekaan RI serta persiapan lomba antarkampung. Namun ternyata banyak warga dari luar perumahan yang sengaja datang untuk berfoto-foto.

Lukisan 3 dimensi di jalanan perumahan Sleman. Lukisan 3 dimensi di jalanan perumahan Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom

"Tidak tahu mereka mendapat informasi dari mana, mungkin dari media sosial atau apa. Tapi sejak mural ini dibuat, setiap harinya hampir 30an orang datang untuk foto-foto. Paling banyak datang pas waktu sepulang sekolah," ungkapnya.

Penghuni perumahan pun mempersilakan jika warga luar datang untuk berfoto. Asalkan dengan catatan tetap menjaga sopan-santun karena mural itu sejak awal tidak disiapkan untuk objek wisata umum.

Lukisan 3 dimensi di jalanan perumahan Sleman. Lukisan 3 dimensi di jalanan perumahan Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom


Saat detikcom berkunjung ke Perumahan Nogotirto Elok V, kebetulan ada pasutri warga Kotagede, Yogya, Masri Mansyur (52) dan Rohana (50) yang sengaja datang untuk berfoto-foto.

"Saya lihat di grup WA, diceritakan di perum ini ada kreasi warga mural 3 dimensi, jadi penasaran ingin tahu. Teman-teman juga tanya apa betul di perumahan karena biasanya kan spot foto di objek wisata, lha ini di dalam perumahan," ujar Rohana.

Lukisan 3 dimensi di jalanan perumahan Sleman. Lukisan 3 dimensi di jalanan perumahan Sleman. Foto: Ristu Hanafi/detikcom


Rohana bersama suaminya langsung berfoto di tiap mural untuk diinformasikan ke keluarga, teman, serta diunggah ke media sosial. Menurutnya, kreativitas warga Perumahan Nogotirto Elok V ini bisa ditiru oleh perumahan lainnya.

"Bica dicontoh, mempercantik lingkungan, bisa enak dipandang," imbuhnya.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed