Didukung Jadi Cawapres Jokowi, Din Syamsuddin: Naif Kalau Tak Siap

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 01 Agu 2018 14:49 WIB
Din Syamsudin di IAIN Salatiga. Foto: Eko Susanto/detikcom
Salatiga - Kelompok Jaringan Matahari mendorong mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin sebagai cawapres Joko Widodo di Pilpres 2019. Din mengaku sudah terbiasa dengan dukungan di pilpres sejak 2009.

"Tidak ada yang menghubungi, kecuali saya membaca, ada yang ya mendukung, mencalonkan. Saya kira sesuatu yang biasa, saya sejak 2009 sudah sering disebut seperti itu," kata Din Syamsudin.

Hal ini disampaikan Din usai menjadi keynote speaker dalam Internasional Conference on Islam and Muslim Societies (ICONIS) 2018 yang diselenggarakan Program Pasca Sarjana IAIN Salatiga di Hotel Laras Asri, Kota Salatiga, Rabu (1/8/2018).

Din mengaku bersyukur dan tersanjung mendapat dukungan tersebut. Dia kemudian menyatakan siap jika memang akhirnya dipilih karena sepak terjangnya selama ini.

Namun pada akhirnya Din mengatakan bahwa dirinya tahu diri bahwa kewenangan dan hak pencalonan ada pada partai politik.

"Ya tentu pengalaman saya memimpin ormas besar Muhammadiyah, sekarang di MUI dan juga kiprah saya di dunia internasional sebagai Presiden Tokoh Agama Asia, salah seorang presiden tokoh agama dunia maka tentu ya naif kalau saya tidak bersedia, tidak siap tidak bersedia," tuturnya. (sip/sip)