Gerindra Banyumas Tambal Sulam 5 Bacaleg yang Mundur

Arbi Anugrah - detikNews
Selasa, 31 Jul 2018 17:39 WIB
Foto: Redaksi
Banyumas - DPC Partai Gerindra Kabupaten Banyumas telah mengganti 5 bakal calon legislatif (bacaleg) yang mengundurkan diri. Penggatian harus dilakukan karena 3 di antara bacaleg yang mundur adalah perempuan sehingga mempengaruhi syarat kuota keterwakilan perempuan.

"Sudah diganti. Sudah beres. Kita ambil dari kader," kata Wakil Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kabupaten Banyumas, Yoga Sugama kepada detikcom, Selasa (31/7/2018).

Hal serupa juga dibenarkan Komisioner KPU Banyumas, Ikhda Aniroh. Pihaknya telah menerima data 5 bacaleg pengganti yang diserahkan oleh Partai Gerindra.

"Gerindra memang baru menyerahkan, memang ada penggantian. Ada 5 orang, 2 laki-laki, 3 perempuan dan semuanya sudah ada penggantinya," jelasnya.


Dia menjelaskan keseluruhan syarat penggantian bacaleg juga telah terpenuhi, termasuk memenuhi syarat 30 persen keterwakilan perempuan. Pergantian hanya dilakukan terhadap bacaleg yang mundur, sedangkan nomor urut dan dapilnya tetap.

"Kita sudah cek dan sudah memenuhi syarat terwakilan perempuan 30 persen. Nomor urut tidak diubah, kalau perpindahan dapil tidak boleh. Hanya diganti personnya saja. Kita cek perempuan diganti perempuan, jadi tidak ada masalah," ujarnya.


Hingga pukul 16.00 WIB pihaknya baru memberikan dua surat tanda terima kepada parpol yang telah melengkapi kekurangan syarat bacalegya. Pihaknya masih akan tetap menunggu hingga pukul 24.00 WIB.

"Yang sudah menerima tanda terima baru dua, yakni PDIP dan Perindo. Sedangkan Gerindra ini masih dalam proses. Kita pelayanan sampai pukul 24.00 WIB, tapi pukul 24.00 WIB itu penyerahan, bukan kedatangan, jadi sudah clear menerima tanda terima," ucapnya.



Tonton juga video: 'Gerindra, PAN, dan PKS Sepakat Terima Demokrat Gabung Koalisi'

[Gambas:Video 20detik]

(arb/mbr)