DetikNews
Sabtu 28 Juli 2018, 22:49 WIB

Resep Bupati Kulon Progo Gunakan Produk Lokal Hadapi Globalisasi

Hanifah Ludfiana - detikNews
Resep Bupati Kulon Progo Gunakan Produk Lokal Hadapi Globalisasi Foto: Hanifah Ludfiana/detikcom
Sleman - Ancaman pasar akibat globalisasi harus disikapi secara serius. Salah satu cara menghadapinya adalah dengan menguasai produksi dan pasar. Setelah itu masyarakat juga harus menggunakan produk lokal.

Hal itu diungkapkan Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo dalam Dialog Kebangsaan Akademi Kewirausahaan Masyarakat (AKM) di kampus Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Sabtu (28/7/2018).

"Saya kira masyarakat bisa menghadapi ancaman pasar karena globalisasi. Contohnya adalah masyarakat harus bisa kuasai produksi, dan kuasai pasar," ujarnya. Ia menegaskan jika ingin membela produk lokal, maka kita juga harus menggunakan produk lokal tersebut, papar Hasto.

Ia mencontohkan di Kabupaten Kulon Progo selalu mengoptimalkan produk-produk lokal seperti produk coklat dari Kalibawang yang dipasarkan secara online. Produk coklat yang akan diberi nama StarProg dan produk air mineral yang diberi nama AirKu atau Air Kulonprogo.

Menurutnya masyarakat tidak hanya diberi motivasi, namun masyarakat juga membutuhkan mentor untuk menjalankan ekonomi kreatif. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa memiliki inovasi dalam menguatkan perekonomian.

Saat ini kata Hasto, pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kulon Progo pun juga meningkat. Contohnya soal pembatik. Kini sudah ada 2.500 pembatik yang ada di Kulonprogo.

"Saat ini sudah masuk era distrubtion dan masyarakat harus bisa diajak masuk ke era keberlimpahan tersebut agar bisa dimanfaatkan," pungkas dia.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed