detikNews
Kamis 26 Juli 2018, 14:25 WIB

Keren! Cara Warga Kampung di Solo Memeriahkan Asian Games 2018

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Keren! Cara Warga Kampung di Solo Memeriahkan Asian Games 2018 Kampung mural Asian Games 2018 di Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - Meski baru dimulai 18 Agustus 2018 mendatang, kemeriahan Asian Games XVIII sudah mulai terasa sejak saat ini. Di Solo, demam Asian Games ditunjukkan dengan cara menarik, yakni membuat Kampung Asian Games.

Masuk ke gang Candibodro dan Candisari di Pucangsawit, Jebres, Solo, tampak berkibar bendera-bendera peserta Asian Games. Gang kampung yang menuju kediaman Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo itu kini dipenuhi mural 3D mewarnai tembok-tembok jalan.

Mural di gang sepanjang 200 meter itu secara umum menggambarkan tokoh-tokoh olahraga Indonesia, beberapa di antaranya menjadi legenda. Diharapkan atlet Asian Games nanti dapat meneruskan prestasi tokoh-tokoh itu.
Keren! Cara Warga Kampung di Solo Memeriahkan Asian Games 2018Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Beberapa tokoh yang ditampilkan, antara lain Susi Susanti, peraih medali emas Olimpiade 1992. Kemudian raja renang nomor 100 meter Sea Games yang mampu meraih perunggu di Asian Games 1990.

Ada pula Pino Bahari, petinju yang mampu meraih emas di Asian Games di usia 16 tahun. Kemudian srikandi panahan Indonesia, Ika Yuliana.
Keren! Cara Warga Kampung di Solo Memeriahkan Asian Games 2018Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

"Gagasan awalnya dari Pak Wali, namun dalam pembuatannya melibatkan banyak orang untuk berdiskusi. Dengan adanya ini, paling tidak masyarakat tahu bahwa Indonesia memiliki juara-juara olahraga," kata koordinator pembuatan mural Kampung Asian Games, Irul Hidayat, Kamis (26/7/2018).

Irul dan kawan-kawan pun menambahkan gambar atlet-atlet muda zaman ini, seperti Lalu M Zohri yang baru saja menjadi kampiun di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 pada nomor lari 100 meter.

"Ini simbol bahwa dengan kekurangan pun kita tetap bisa juara. Gambar Zohri ini baru kita buat beberapa jam sebelum kampung ini diresmikan beberapa waktu lalu," ujar dia.
Keren! Cara Warga Kampung di Solo Memeriahkan Asian Games 2018Mural bergambar Menpora main tenis meja dengan Wali Kota Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Tak hanya itu, tampak pula gambar Presiden Joko Widodo dengan sarung tinjunya. Wali Kota Rudy pun juga digambarkan sedang bermain tenis meja bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

"Ini simbol-simbol masyarakat, ada dari anak-anak hingga pejabat. Kalau rakyat senang berolahraga, maka negara akan kuat," kata dia.
Keren! Cara Warga Kampung di Solo Memeriahkan Asian Games 2018Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom


Adapun pembuatan mural di kampung tepi Bengawan Solo ini dimulai sejak bulan Ramadan dan memakan waktu sekitar satu bulan. Belasan seniman mural dan sejumlah warga sekitar turut terlibat dalam karya apik ini.

Sementara Wali Kota FX Hadi Rudyatmo mengatakan pembuatan mural tersebut merupakan bentuk penghormatan bagi para atlet yang sudah mengharumkan nama bangsa. Dia berharap semangat kemenangan mereka tersalur kepada masyarakat.

"Kata Bung Karno, ada tiga hal yang menyatukan bangsa ini, yaitu kesenian, kebudayaan dan olahraga. Maka olahraga kita harus kuat agar menjadi negara maju," ujar Rudy.

Keren! Cara Warga Kampung di Solo Memeriahkan Asian Games 2018Suasana kampung mural Asian Games 2018 (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
  • Keren! Cara Warga Kampung di Solo Memeriahkan Asian Games 2018
    Kampung mural Asian Games 2018 di Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
  • Keren! Cara Warga Kampung di Solo Memeriahkan Asian Games 2018
    Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
  • Keren! Cara Warga Kampung di Solo Memeriahkan Asian Games 2018
    Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed