Gelombang Tinggi, Wisatawan di Pantai Gunungkidul Diminta Hati-hati

Usman Hadi - detikNews
Selasa, 24 Jul 2018 11:45 WIB
Ombak tinggi di pantai Gunungkidul. Foto: (Heru TW/Instagram)
Gunungkidul - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mengimbau wisatawan di Pantai Selatan Gunungkidul waspada. Sebab, diprediksi gelombang tinggi masih terjadi di Laut Selatan hingga beberapa hari ke depan.

"Wisatawan harus tetep berhati-hati bila berlibur ke pantai," kata Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edy Basuki saat dihubungi wartawan, Selasa (24/7/2018).

Edy memperkirakan ketinggian gelombang di Laut Selatan Gunungkidul hari ini mencapai 4-6 meter. Potensi gelombang tinggi, lanjut Edy, bisa saja berlanjut sampai tanggal 29 Juli besok, dengan ketinggian gelombang rata-rata 3,5-5 meter.

"Oleh sebab itu wisatawan yang berlibur di pantai diimbau untuk tidak mandi di laut, sampai tinggi gelombang kembali normal," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diterima BPBD Gunungkidul, kenaikan gelombang di Laut Selatan disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara. Pusat tekanan udara di belahan bumi bagian utara rendah, sementara di bumi bagian selatan tinggi.

"Kondisi tersebut berdampak pada peningkatan kecepatan angin hingga lebih dari 35 km/jam, dan peningkatan tinggi gelombang laut di pesisir Selatan Yogyakarta," jelasnya.

"Oleh karenanya, kami juga mengimbau agar masyarakat yang beraktifitas di sekitar pantai mewaspadai peningkatan kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut," pungkas dia. (sip/sip)