DetikNews
Sabtu 21 Juli 2018, 13:14 WIB

Ada 8 Mahasiswa UNS di Kapal Rombongan IPB yang Tenggelam

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ada 8 Mahasiswa UNS di Kapal Rombongan IPB yang Tenggelam Foto: Ilustrasi kapal tenggelam (Dok detikcom)
Solo - Kapal Orange yang membawa rombongan peneliti dari IPB tenggelam di perairan Lebak, Banten, Kamis (19/7). Ada delapan orang mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang ikut dalam rombongan.

Diberitakan sebelumnya, 24 penumpang yang ikut rombongan hanya berasal dari IPB, warga negara asing (WNA) dan awak kapal. Ternyata ada delapan mahasiswa UNS yang juga mengikuti penelitian.

"Benar, mahasiswa kami juga masuk dalam rombongan. Mereka melakukan penelitian sejak 31 Juni sampai 23 Juli 2018," kata Kaprodi Pendidikan Geografi FKIP UNS, Moh Gamal Rindarjono kepada wartawan, Sabtu (21/7/2018).

Menurutnya, kegiatan penelitian itu merupakan kerja sama antara UNS, IPB dan University of Washington. Para mahasiswa meneliti konservasi lingkungan dengan fokus satwa primata monyet ekor panjang di Pulau Tinjil.


"Tanggal 19 Juli itu sudah selesai penelitian. Saat pulang menuju Muara Binuangeun, ombaknya tinggi, sehingga menyebabkan peristiwa itu," ujarnya.

Dia memastikan delapan mahasiswanya dalam keadaan sehat. Pihak kampus juga terus berkomunikasi dengan keluarga terkait kondisi delapan mahasiswa tersebut.


"Ini sudah perjalanan dari Binuangeun ke IPB. Malam ini istirahat dulu. Besok akan pulang ke Solo naik kereta," kata dia.

Dalam peristiwa tersebut, dua orang koki kapal meninggal dunia. Sedangkan 18 rombongan mahasiswa, satu nakhoda dan satu awak kapal selamat.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed