DetikNews
Jumat 20 Juli 2018, 19:44 WIB

4 Anak Penderita Difteri Masih Diisolasi di RS Kariadi Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
4 Anak Penderita Difteri Masih Diisolasi di RS Kariadi Semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Rumas Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi Semarang saat ini masih menangani 4 anak yang menderita difteri. Mereka masih sekeluarga dan memang belum pernah divaksin atau imunisasi sejak bayi.

Dokter Spesialis Anak RSUP dr Kariadi Semarang, dr Hapsari Sp A (K) mengatakan 3 hari lalu ada 5 bersaudara yang dibawa ke RSUP dr Kariadi karena difteri. Satu diantaranya langsung sudah dalam kondisi yang parah.

"Yang masuk 5 orang itu dari sebuah keluarga yang punya anak 7," kata Hapsari di kantornya, Jumat (20/7/2018).

Salah satu pasien berinisal B yang berusia 12 tahun saat dibawa sudah dalam keadaan parah. Berbagai upaya sudah dilakukan namun dampak penyakitnya sudah sampai ke jantung bahkan komplikasi ke gagal ginjal.

"Yang bernama B kemarin sore meninggal dunia mengalami difteri berat sampai gangguan ke jantung," tandasnya.

Sementara itu 4 saudara lainnya saat ini masih berada di ruang isolasi. Salah satunya yaitu si sulung berinisial H (17) dalam pengawasan ketat karena sudah mengalami bullneck atau pembengkakan di leher.

"Bisa perkiraan kemungkinan radang jantung. Kita pengawasan yang H," terangnya.

Untuk 3 anak lainnya kondisinya membaik. Namun medis belum bisa mengatakan ketiganya negatif difteri hingga saat ini karena belum ada hasil negatif.

"Bisa keluarkan dari isolasi kalau sudah negatif 2 kali dari pemeriksan mikrobiologi. Sampai hari ini masih positif," tandasnya.

Hapsari mengimbau agar masyarakat mengikuti program vaksinasi yang digelar termasuk di sekolahan-sekolahan. Karena dari 5 anak tersebut ternyata saat bayi tidak diimunisasi.

"Mereka dari satu keluarga, tidak imunisasi sejak lahir," ujarnya.

Untuk diketahui, ada 7 anak yang menderita difteri di Kota Semarang dari Juni hingga Juli ini. Lima bersaudara yang dilarikan ke RSUP dr Kariadi itu berasal dari Kelurahan Genuksari Semarang sedangkan 2 lainnyya dari Kelurahan Bangetayu Wetan dan Tandang.
(alg/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed