DetikNews
Kamis 19 Juli 2018, 06:54 WIB

Ada Kirab Obor Asian Games di Solo Siang Nanti, Hindari Jalan Ini

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Ada Kirab Obor Asian Games di Solo Siang Nanti, Hindari Jalan Ini Ilustrasi jalanan di Kota Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Kirab Torch Relay Api Obor Asian Games XVIII akan digelar siang ini mulai dari Makutha sampai Balai Kota Surakarta. Sejumlah rekayasa lalu lintas (lalin) dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Surakarta, Ari Wibowo, mengatakan rekayasa lalin dimulai pukul 10.00 hingga 14.00 WIB. Pengaturan dilakukan secara bertahap.

Acara akan dimulai dari Makutha atau batas kota sisi barat. Obor akan dibawa lari oleh beberapa tokoh menuju ke timur melalui Jalan Adi Sucipto.

"Saat kirab berjalan ke timur sampai patung Wisnu Manahan, arus dari barat akan dialihkan. Pengendara bisa lewat Jalan Adi Soemarmo atau Jalan Slamet Riyadi melalui simpang empat Colomadu atau simpang tiga Hotel Alana," katanya, Rabu (18/7/2018).

Saat kirab melintasi Jalan Ahmad Yani dari patung Wisnu ke selatan sampai simpang tiga Kerten, arus dari simpang empat Sumber akan dialihkan ke barat melalui Jalan Adi Sucipto.

"Saat kirab berjalan ke timur melintasi Jalan Slamet Riyadi dari simpang tiga Kerten sampai Balai Kota Surakarta, arus lalin di Kleco akan diarahkan lewat Jalan Prof Soeharso," katanya.

Dishub juga mengingatkan bahwa pengguna jalan dari arah Semarang dan Yogyakarta ke arah timur sudah bisa memanfaatkan jalan tol. Mereka bisa masuk lewat gerbang Tol Colomadu dan Ngemplak dan keluar di Karanganyar atau Sragen.

Sementara itu, aparat TNI-Polri turut mengamankan kirab obor Asian Games. Sebanyak 1.800 personel akan menjadi pagar betis di kanan kiri rute kirab.

"Kita siagakan setiap jarak 20 meter di sepanjang rute kirab sekitar 10 kilometer, yaitu mulai Tugu Makutha sampai Balai Kota Surakarta," kata Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Imam Safi'i.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed