DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 22:31 WIB

Malam Ini, Api Obor Asian Games Diinapkan di Keraton Yogyakarta

Edzan Raharjo - detikNews
Malam Ini, Api Obor Asian Games Diinapkan di Keraton Yogyakarta Api obor Asian Games diinapkan di Keraton Yogyakarta (Foto: Edzan Raharjo/detikcom)
Yogyakarta - Setelah dari candi Prambanan, api obor Asian Games kemudian dibawa ke Pagelaran Kraton Yogyakarta. Api obor Asian Games ini menginap semalam di Kraton, sebelum dibawa kirab besok pagi.

Api obor Asian Games ini diterima oleh putri Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Mangkubumi. Dari candi Prambanan api dibawa oleh atlet Yogyakarta, Vinarsih.

Api tersebut merupakan gabungan api obor Asian Games dari India dengan api yang diambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah.


"Di sini semalam. Pengamanan di sini dari kepolisian dan abdidalem karena ini berada kawasan pagelaran Kraton," kata GKR Mangkubumi di Keraton Yogyakarta, Rabu (18/7/2018) malam.
Malam Ini, Api Obor Asian Games Diinapkan di Keraton YogyakartaApi diinapkan semalam di Yogyakarta (Foto: Edzan Raharjo/detikcom)

Setelah diinapkan semalam di pagelaran Kraton, api obor Asian Games akan dikirab keliling Yogya pada pagi harinya.

"Besok acara mulai sekitar pukul 06.00 WIB, kemudian sekitar pukul 06.30 WIB mulai dikirab," lanjut GKR Mangkubumi.


Rute kirab dimulai dari Pagelaran Kraton menuju Tugu Nol Kilometer - PKU Muhammadiyah - Jalan Bhayangkara - Pasar Kembang ke timur menuju Teteg Malioboro.

Dari Teteg kemudian masuk ke Jalan Malioboro - Titik Nol - Jalan Senopati - Perempatan Gondomanan ke selatan - Pojok Beteng Wetan - Pojok Beteng Kulon ke arah utara - Ngabean - Ngampilan ke arah barat - Samsat - Perempatan Pingit - Tugu.

Di Tugu, api akan dilepas oleh Wali Kota Yogyakarta diserahkan ke Inasgoc untuk dibawa ke Solo guna melanjutkan kirab ke berbagai kota.
(mbr/mbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed