DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 18:40 WIB

Ngeng! Semarang Kini Punya Ambulance Motor Untuk Keadaan Darurat

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Ngeng! Semarang Kini Punya Ambulance Motor Untuk Keadaan Darurat ambulance Motor di Semarang. Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Mobil ambulans gratis milik Pemerintah Kota Semarang ternyata menghadapi kendala jika harus menolong warga yang melewati jalan sempit. Oleh karena itu hari ini diluncurkan Ambulance Motor untuk mengatasi masalah tersebut.

Kota Semarang memiliki Ambulans gratis yang dikenal dengan nama Ambulance Hebat. Armada tersebut sering lalu lalang di jalan karena memang banyak yang memanfaatkannya.

Namun bukan tanpa kendala, ketika harus menolong dalam kondisi darurat namun aksesnya melewati jalan sempit, mobil tidak bisa melintas. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi kemudian meluncurkan Ambulance Motor untuk kondisi darurat.

Wali kota yang akrab disapa Hendi itu pun mencoba sendiri motor tersebut lengkap dengan memboncengkan seorang dokter. Hendi berhenti di Kecamatan Ngaliyan Semarang untuk simbolis meluncurkan 5 armada Ambulance Motor.

"Saat ini kami siapkan dulu 5 armada. Ini akan dikendarai sepasang perawat dan dokter untuk datang ke rumah-rumah," kata Hendi di Ngaliyan, Rabu (18/7/2018).

Motor tersebut merupakan kendaraan modifikasi dari motor jenis matic yang dilengkapi 3 toolbox di sisi kanan kiri serta bagian belakang. Isi box yaitu peralatan kesehatan dan obat untuk kondisi darurat.

"Jika ini benar-benar bermanfaat, sudah ada rencana akan menambah armada sebanyak 20 unit lagi," lanjutnya.

Saat ini 5 motor tersebut akan standby di 5 Puskesmas yang bisa menjangkau 16 Kecamatan di Kota Semarang. Cara untuk meminta pertolongan pun sama yaitu ke call center 1500-132. Hendi berharap pertolongan darurat bisa meluncur lebih lincah dengan motor tersebut.

"Setiap bulan rata-rata ada 100 permintaan Ambulance Hebat, beberapa ada yang terkendala tidak bisa masuk gang. Upayanya dengan motor ini agar mobilitas lebih leluasa," tegasnya.
(alg/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed