DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 17:16 WIB

Pendukung Jokowi-Moeldoko di Semarang Janjikan 5 Juta Suara

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Pendukung Jokowi-Moeldoko di Semarang Janjikan 5 Juta Suara Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang - Dukungan terhadap Joko Widodo berpasangan dengan Jendral Purnawirawan Moeldoko untuk Pilpres 2019 bergema di Kota Semarang. Sejumlah organisasi dan serikat buruh mendeklarasikannya dan memberi singkatan "Jodoh", Jokowi-Moeldoko.

Ada 12 elemen atau organisasi masyarakat yang sudah menyatakan dukungan antara lain Lindu Aji, Gerakan Buruh Berjuang (Gerbang) Jateng, Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan, SPLN Jateng, Komunitas Santri Salaf Tarbiyatul Athfal, SPI, bahkan paguyuban pedagang sayur.

Wakil Ketua Lindu Aji, Heru Supriyono mengatakan alasan memilih Moeldoko karena dinilai sebagai sosok yang jujur, cerdas, dan dapat dipercaya. Maka menurutnya pantas mendampingi calon presiden terkuat, Jokowi.

"Dengan calon terkuat, Jokowi, dia tidak bisa berdiri sendiri, harus ada wakil yang kuat. Diwakili Moeldoko, Indonesia tetap jaya," kata Heru saat deklarasi di CK Cafe Semarang, Rabu (18/7/2018).

Sementara itu koordinator Gerbang Jateng, Nanang Setyono mengatakan elemen yang sudah berkoordinasi melakukan dukungan itu sudah melakukan perhitungan berapa suara yang bisa disumbangkan jika Jokowi berdampingan dengan Moeldoko.

"Potensinya 5 juta suara diperoleh dari Jawa Tengah," kata Nanang.

Hitungan itu diperoleh dari jumlah anggota ormas yang mendukung dan keluarga mereka. Rencananya para pendukung akan mengirimkan surat kepada parpol pendukung Jokowi agar menggaet Moeldoko sebagai Cawapres.

"Kami di luar parpol punya harapan dengan pertimbangan Pak Moeldoko sebagai cawapres, kita akan sama-sama buat surat ke partai pengusung Pak Jokowi," ujarnya.

Deklarasi yang lebih besar akan dilakukan hari Minggu (22/7) mendatang di Marina Conventioncenter Semarang. Mereka menyebut akan hadir sekitar 10 ribu pendukung.
(alg/bgk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed