DetikNews
Rabu 18 Juli 2018, 11:06 WIB

Selain di Boyolali, PKPI dan Partai Garuda Tak Ikut Pileg di Jepara

Wikha Setiawan - detikNews
Selain di Boyolali, PKPI dan Partai Garuda Tak Ikut Pileg di Jepara Suasana pendaftaran bacaleg di KPU Jepara. Foto: Wikha Setiawan/detikcom
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Jepara - PKPI dan Partai Garuda di Kabupaten Jepara dipastikan tidak mengikuti Pileg 2019. Sebab, kedua partai politik (Parpol) tersebut tidak menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU setempat hingga batas akhir pendaftaran.

Ketua KPU Kabupaten Jepara, Muh Haidar Fitri menuturkan bahwa hingga batas akhir pendaftaran bacaleg 2019, tadi malam pukul 24.00 WIB. Ada 14 parpol yang sudah mendaftar, dan dua lainnya yang belum mendaftar adalah PKPI dan Partai Garuda.

"Kami buka pendaftaran sesuai jadwal yang berlaku. Hingga batas waktu penutupan dua parpol belum menyerahkan berkas yakni PKPI dan Partai Garuda," ujarnya kepada detikcom saat ditemui di kantornya, Jalan Yos Sudarso No 22, Jepara Kota, Rabu (18/7/2018).

Sedangkan 14 parpol yang sudah mendaftarkan bacaleg diantaranya PKS, Nasdem, PAN, Demokrat, PDI Perjuangan, Gerindra, Golkar, Berkarya, Hanura, PBB, Perindo, PSI, PKB, dan PPP.

"Total sampai jam 24.00 berjumlah 14 parpol yang menyerahkan dan mendapatkan tanda terima pendaftaran," paparnya.


Untuk berkas bacaleg yang didaftarkan akan diverifikasi mulai 4-18 Juli 2018. Selanjutnya, KPU akan menyampaikan hasil verifikasi kelengkapan administrasi bacaleg kepada parpol masing-masing.

"Pada 22-31 Juli akan ada perbaikan daftar bacaleg dan syarat dan serta pengajuan bakal calon pengganti," pungkas Haidar.


Sebelumnya diberitakan bahwa dua parpol tersebut juga tidak mendaftarkan bacalegnya di KPU Boyolali.

"Partai Politik yang tidak mendaftarkan Bacalegnya sampai pukul 24.00 WIB yaitu Partai Garuda dan PKPI," kata Ketua KPU Boyolali, Siswadi Sapto Harjono kepada detikcom melalui pesan singkat, Rabu (18/7/2018).
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed