DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 17:10 WIB

PDIP Solo Calonkan Lagi Bacaleg yang Pernah Jabat 3 dan 4 Periode

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
PDIP Solo Calonkan Lagi Bacaleg yang Pernah Jabat 3 dan 4 Periode FX Hadi Rudyatmo di KPU Surakarta. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Solo - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surakarta mendaftarkan 45 bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU siang ini. Empat nama di antaranya merupakan kader yang sudah pernah menjabat di DPRD Surakarta selama tiga dan empat periode.

Empat nama tersebut ialah Honda Hendarto, YF Sukasno, Maryuwono dan Yulianto Indratmoko. Sesuai aturan internal PDIP, pencalonan mereka harus mendapatkan persetujuan dari DPP PDIP.

"Hanya empat dari 45 bacaleg. Semua sudah dapat rekomendasi dari DPP," kata Ketua DPC PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo saat ditemui di sela-sela pendaftaran bacaleg di KPU Surakarta, Jalan Kahuripan Utara No 23, Sumber, Banjarsari, Surakarta, Selasa (17/7/2018).

Disinggung mengenai proses kaderisasi, Rudy menilai pemilihan keempat kader itu tidak menghalangi tumbuhnya bibit-bibit baru. Justru mereka dinilai bakal menjadi panutan bagi kader muda.

"Mereka pasti mengajari, seperti apa strategi politik. Mereka kalau sudah duduk di DPRD pasti akan memberikan sesuatu yang baik," ujar dia.


Bahkan dia menyebutkan ada 22 wajah baru dari 45 bacaleg yang didaftarkan ke KPU. Pria yang menjabat Wali Kota Surakarta itu juga mengatakan bacaleg baru maupun lama memiliki peluang yang sama untuk terpilih menjadi anggota DPRD Surakarta.

"Yang pasti tidak boleh ada saling menjegal. Kalau ada saling fitnah, kalau saya tahu akan kita coret. Karena kita ingin Kota Solo kondusif saat Pileg dan Pilpres 2019," katanya.


Sedangkan mengenai larangan mencalonkan mantan napi korupsi, kejahatan seksual di bawah umur dan kasus narkoba, Rudy memastikan bacalegnya tidak terkait itu.

"Sudah kami lakukan seleksi secara ketat dari 211 orang, disaring jadi 120 orang. Disaring lagi menjadi 76 orang. Akhirnya dipilih 45 orang ini," pungkasnya.
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed