DetikNews
Selasa 17 Juli 2018, 14:14 WIB

Ratusan Bacaleg di Kudus Masih Periksa Kesehatan di RSUD

Akrom Hazami - detikNews
Ratusan Bacaleg di Kudus Masih Periksa Kesehatan di RSUD Foto: Akrom Hazami/detikcom
Kudus - Sekitar 512 bakal caleg tercatat dari Kudus dan kota sekitar memeriksa kesehatan di RSUD dr Loekmono Hadi, Kabupaten Kudus. Sampai hari ini menjelang penutupan pendaftaran bacaleg masih ada yang memeriksakan kesehatan, baik tes jasmani dan tes rohani.

Kepala Bagian Humas RSUD dr Loekmono Hadi Saiful Anas mengatakan, Sampai hari ini bakal caleg yang melakukan tes kesehatan di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus masih ada. tercatat sekitar 40 orang yang menjalani tes hari ini.

"Sampai tanggal 17 Juli ada sekitar 512 an orang bakal calon legislatif," kata Anas kepada wartawan di RSUD dr Loekmono Hadi, Selasa (17/7/2018).

Ia semula memperkirakan ada 300 orang bakal caleg saja yang memeriksakan kesehatan di RSUD dr Loekmono Hadi. Tapi jumlah itu bertambah karena murahnya tarif kesehatan di tempatnya, ketimbang lainnya.

Hal itu juga yang membuat bakal caleg dari kota sekitar seperti Demak, Jepara, Pati, dan Kudus sendiri, memilih memeriksakan kesehatannya di RSUD dr Loekmono Hadi.

"Karena mungkin tarif di RSUD Loekmono Hadi ini lebih murah, maka bacaleg kabupaten lain seperti Demak, Jepara, Pati, dan lainnya ke RSUD di Kudus ini," ungkapnya.

Menurutnya berdasarkan penjelasan KPU berkas bacaleg bisa sampai tanggal 30 Juli sehingga masih ada kemungkinan jumlah bacaleg yang memeriksa kesehatan juga bertmabah.

Ia mengatakan pelayanan tes kesehatan untuk bacaleg mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB. Lamanya proses pemeriksaan kesehatan bacaleg karena banyaknya materi tes yang harus dijalani.

"Misal pengisian soal. Mereka harua menjawab 350 soal, serta tes wawancara dengan dokter spesialis," imbuhnya.

RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus mematok biaya tes kesehatan bagi bakal calon legislatif (Bacaleg) 2019 senilai Rp 339 ribu. Tes kesehatan itu, merupakan salah satu syarat yang wajib dipenuhi bacaleg.

Dia menerangkan adapun rincian biaya tes kesehatan melalui surat edaran RSUD Kudus bernomor 440/3065/25.01.01/2018 yakni surat sehat jasmani sebesar Rp 18 ribu, surat sehat rohani (MMPI) sebesar Rp 148 ribu, surat bebas narkoba sebesar Rp 25 ribu, dan laborat dengan biaya Rp 148 ribu.

"Jadi, total biaya tes kesehatan bacaleg sebesar Rp 339 ribu," beber Anas.

Sementara itu seorang bacaleg dari Partai Berkarya, Supirin, warga Hongosoco, Jekulo, Kudus mengatakan, dia hari ini baru melakukan tes kesehatan.

"Hari ini baru tes kesehatan, syarat-syarat yang lain sudah siap semua. Yang kurang tes kesehatan saja. Hari ini sekaligus daftar ke KPU," ujarnya di sela-sela antre tes kesehatan di RSUD dr Loekmono Hadi Kudus.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed