DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 19:26 WIB

Baru Nasdem dan PKS yang Daftarkan Bacaleg di KPU Surakarta

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Baru Nasdem dan PKS yang Daftarkan Bacaleg di KPU Surakarta Suasana pendaftaran Bacaleg di KPU Surakarta. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Solo - Pada H-1 penutupan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) hari ini, KPU Surakarta baru menerima berkas dari dua parpol dari total 16 parpol yang ada. Pengisian aplikasi pencalonan (silon) disebut-sebut menjadi kendala.

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang mendaftarkan bacalegnya hari ini, mengaku butuh waktu lama untuk mengisi silon. Selain cukup rumit, jaringan server KPU pun dinilai sering terganggu.

"Kadang untuk masuk ke silon itu susah, mungkin karena banyak yang mengakses. Jadinya kita harus lembur, kaya orang ronda," kata Ketua DPD Nasdem Surakarta, Pardiman di sela-sela pendaftaran, Senin (16/7/2018).

Hal tersebut dirasakan juga oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Karena jaringan yang sering terganggu, pengisian data untuk satu bacaleg bisa menghabiskan waktu 40 menit.

"Padahal kita mendaftarkan 45 bacaleg. Tapi alhamdulillah kita dua hari selesai. Besok pagi rencana mendaftarkan ke KPU," kata Ketua DPD PAN Surakarta, Sapari melalui telepon.

Komisioner Divisi Hukum KPU Surakarta, Nurul Sutarti, mengatakan pengisian silon merupakan syarat wajib sebelum parpol mendaftarkan bacalegnya ke KPU.

"Semua data, seperti e-KTP, ijazah, foto, diunggah ke silon. Setelah selesai baru datang ke KPU," kata Nurul.

Menurutnya, kendala server memang wajar terjadi. Sebab rata-rata parpol mendaftarkan bacalegnya di hari-hari akhir.

"Jadi semua menumpuk di last minute, wajar kalau agak lambat," ujarnya.

Hingga Senin sore baru Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mendaftarkan bacalegnya. Masing-masing mendaftarkan 45 bacaleg. KPU masih membuka pendaftaran hingga Selasa (17/7) pukul 24.00 WIB.

"Yang penting parpol membawa surat mandat dulu, walaupun itu pukul 23.55 tetap kita layani. Makanya kemungkinan kita akan selesai sampai pagi," tutupnya.
(sip/sip)
FOKUS BERITA: Bursa Transfer Caleg
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed