DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 14:58 WIB

Belum Ada Parpol yang Daftarkan Caleg di KPU Salatiga

Eko Susanto - detikNews
Belum Ada Parpol yang Daftarkan Caleg di KPU Salatiga Foto: Eko Susanto/detikcom
Salatiga - Sehari menjelang penutupan pendaftaran calon legislatif (caleg), belum ada satu pun parpol yang mendaftarkan di KPU Kota Salatiga. KPU Kota Salatiga, menunggu pendaftaran caleg oleh parpol hingga Selasa (17/7/2018), pukul 24.00 WIB.

Ketua KPU Kota Salatiga, Putnawati mengatakan, hingga Senin (16/7/2018) siang, belum ada parpol yang mendaftarkan caleg di KPU Salatiga.

"Hingga pukul 12.30 WIB, belum ada parpol yang mendaftarkan caleg. Sejauh ini, beberapa parpol baru sebatas konsultasi," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/7/2018).

Pendaftaran caleg, katanya, dimulai pada tanggal 4 Juli hingga 17 Juli 2018. Adapun terakhir pendaftaran pada, Selasa (17/7/2018), pukul 24.00 WIB.

"Kami menunggu pendaftaran hingga besok, pukul 24.00 WIB," ujarnya.
Belum Ada Parpol yang Daftarkan Caleg di KPU SalatigFoto: Eko Susanto/detikcom

Sebelum mendaftar ke KPU, kata dia, operator masing-masing parpol harus memasukan berkas syarat pencalegan dan pencalonan dengan meng-upload di Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Setelah meng-upload dan dikunci, kemudian diprint terus mendaftar di KPU.

"Setelah mendaftar di KPU, kami akan mencocokkan dengan Silon yang telah diupload oleh operator parpol," kata dia.

Jauh sebelum pendaftaran caleg, kata Putnawati, KPU Salatiga telah memberikan sosialisasi perihal pendaftaran caleg.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Salatiga, Teddy Sulistiyo mengatakan, DPC PDI Perjuangan Kota Salatiga akan mendaftarkan caleg di KPU pada besok, pukul 10.00 WIB.

"Pendaftaran caleg besok pukul 10.00 WIB, start dari DPC PDI Perjuangan menuju ke KPU Kota Salatiga. Kami mendaftarkan besok karena surat rekomendasi dari DPP baru turun," kata Teddy saat dihubungi mengaku masih di Kantor DPD PDI Perjuangan Jateng Panti Marhaen.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Salatiga, Latif Nahari mengatakan, saat ini masih mempersiapkan berkas-berkas pendaftaran. Jika selesai semuanya, rencana pendaftaran pada pukul 16.00 WIB, hari ini.

"Ternyata pernak-perniknya banyak, harus check list satu-satu. Data sudah dimasukkan, kita pinginnya lengkap baru daftar," katanya.

Lamanya tersebut, kata dia, karena harus memasukkan data-data pendukung maupun persyaratan lainnya di Silon. Untuk itu, PKS rencananya akan mendaftarkan 25 orang caleg.
(bgs/bgs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed