DetikNews
Senin 16 Juli 2018, 10:38 WIB

Tiga Kabupaten di DIY Terdampak Kekeringan

Usman Hadi - detikNews
Tiga Kabupaten di DIY Terdampak Kekeringan Ilustrasi. Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Tiga kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yakni Gunungkidul, Bantul, dan Kulon Progo terdampak kekeringan. Upaya droping air bersih terus dilakukan BPBD kabupaten dan pemerintah kecamatan setempat.

Manajer Pusdalops BPBD DIY, Danang mengatakan, dari ketiga kabupaten tersebut wilayah paling luas terdampak kekeringan berada di Gunungkidul. Tercatat ada 11 kecamatan terdiri dari 54 desa terdampak kekeringan.

"Ada 11 kecamatan (di Gunungkidul) terdiri dari 54 desa terdampak kekeringan. Ke-11 kecamatan itu yakni Girisubo, Nglipar, Paliyan, Panggang, Purwosari, Rongkop, Tanjungsari, Tepus, Ngawen, Ponjong, dan Gedangsari," kata Danang lewat keterangan tertulisnya yang diterima detikcom, Senin (16/7/2018).

Ada sekitar 31.607 kepala keluarga terdiri dari 116.216 jiwa terdampak kekeringan di Gunungkidul. Untuk membantu warga, lanjut Danang, BPBD Gunungkidul dan pemerintah kecamatan setempat telah melakukan droping air bersih.

Sementara di Kulon Progo ada enam kecamatan terdiri dari 13 desa terdampak kekeringan. Adapun keenam kecamatan tersebut yakni Kalibawang, Girimulyo, Sentolo, Samigaluh, Nanggulan, dan Kokap.

"Upaya droping (air bersih) telah dilakukan oleh BPBD Kabupaten Kulon Progo, PMI Kabupaten Kulon Progo dan Tagana DIY," ujarnya.

Untuk di Bantul, dampak kekeringan paling dirasakan warga di Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri, dan di Desa Muntuk Kecamatan Dlingo. BPBD setempat juga telah melakukan droping air untuk membantu warga.
(sip/sip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed