Mbok Jum, Kantin Legendaris Penyelamat Mahasiswa UNS di Akhir Bulan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 10 Jul 2018 14:25 WIB
Suasana kantin Mbok Jum di UNS, Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Mahasiswa 'ngekos' pasti punya banyak cerita, terutama cerita sedih karena tak punya uang di akhir bulan. Tak jarang mahasiswa terpaksa utang kepada kawan ataupun pemilik kantin untuk dapat mengisi perut mereka.

Ada kisah menarik dari salah satu kantin mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, yaitu kantin Mbok Jum. Kantin ini kerap menjadi penyelamat mahasiswa, karena pemiliknya memperbolehkan pembeli berutang.

"Dulu sering pada ngutang, tapi sekarang sedikit (mahasiswa yang utang)," kata wanita yang bernama Jumiyati itu, Selasa (10/7/2018).

Dia mengaku kasihan jika ada mahasiswa tak bisa makan karena tak punya uang. Bahkan, dia tak pernah mencatat utang para mahasiswa.

"Saya nggak pernah menghafal siapa-siapa yang utang. Kalau tidak bayar ya biar (dosanya) ditanggung sendiri," ujar wanita berusia 67 tahun itu.

Menu yang disajikan di kantin Mbok Jum, Solo. Menu yang disajikan di kantin Mbok Jum, Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Atas kebaikannya, pemilik kantin di kompleks Fakultas Ilmu Budaya itu hingga kini masih diingat oleh alumni-alumni UNS. Dia mengaku sering diundang oleh alumni jika mengadakan reuni.

"Lalu dikasih uang, katanya buat bayar utangnya dulu. Jumlahnya jutaan rupiah," kata warga Panggungrejo RT 02 RW 23, Jebres, Solo, itu.

Kantin Mbok Jum di UNS, Solo. Kantin Mbok Jum di UNS, Solo. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Hingga saat ini, kantin Mbok Jum sudah bertahan selama 39 tahun. Tak banyak yang berubah dari kantin itu, baik dari luasnya, makanannya, hingga suasana kantin yang selalu ramai.

Mbok Jum menjual beberapa menu makanan, antara lain pecel, gudeg, sambal goreng dan terik. Harganya masih tetap murah, yakni mulai dari Rp 4 ribu.

"Zaman dahulu harganya Rp 50 saja, sekarang Rp 4 ribu. Jangan mahal-mahal, enggak laku nanti, mereka kan uang masih minta orang tua," pungkasnya. (sip/sip)