DetikNews
Senin 09 Juli 2018, 15:31 WIB

Hai Maba Undip, Ada Tips dari Senior Buat Cari Kos di Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Hai Maba Undip, Ada Tips dari Senior Buat Cari Kos di Semarang Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
FOKUS BERITA: Serba-serbi Biaya Kuliah
Jakarta - Merantau untuk berkuliah di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang tentunya harus siap dengan kehidupan mandiri, salah satunya kos. Bagi mahasiswa baru (maba) yang masih cari-cari kos, ada tips dari senior yang patut dicoba.

Putri Melania (22) warga Jakarta Timur mahasiswa Undip Jurusan Keperawatan yang sudah hidup di Undip Tembalang selama 5 tahun, berbagi salah satu tipsnya untuk mencari kos.

Dulu, Putri termasuk maba yang terlambat mencari kos karena banyak kos-kosan yang penuh. Dia kemudian menyiasatinya dengan masuk ke rumah kos seadanya. "Dulu nyari kos susah, saya belum kenal Semarang, sampai sini malam. Jadi yang ada saya masukin dulu," kata Putri saat berbincang di Tembalang Semarang, Senin (9/7/2018).


Tidak berhenti sampai di situ, selama tinggal di kos pertama, Putri berusaha mencari kos lain dengan bertanya ke penjual makanan bahkan tukang parkir. Selama 3 bulan mencari dengan leluasa, ternyata ada juga kos yang nyaman dan cocok. "Saya tanya tukang parkir, orang lewat, akhirnya dapat," ujarnya.

Kini Putri kos di daerah Ngesrep dan cukup dekat dengan keramaian. Biaya kos Rp 600 ribu per bulan, jumlah itu rata-rata harga kos di Tembalang.

"Fasilitasnya kamar mandi luar, dapur, kompor, mesin cuci, kulkas, seterikaan, TV umum. Kamarnya luas," pungkas mahasiswi yang sudah menyelesaikan S1 dan mengambil profesi itu.

Hai Maba Undip, Ada Tips dari Senior Buat Cari Kos di SemarangFoto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom

Senada dengan putri, Noor Aliya (22) juga mencari kos dengan banyak bertanya. Bedanya, ia lebih dulu bertanya ke kerabat dan teman untuk mencari informasi kos sebelum mendatangi Tembalang.

"Kalau kos saya sekarang Rp 500 ribu per bulan di Jalan Timoho, masuk gang. Sempat pindah satu kali cari yang nyaman. Rata-rata harga kos segitu," ujar mahasiswi asal Kabupaten Kendal itu.


Di kawasan Tembalang dan Banyumanik memang banyak sekali terdapat rumah kos mulai dari yang murah hingga eksklusif. Rata-rata kos sederhana biayanya Rp 500 ribu sedangkan kos dengan fasilitas AC, TV, kamar mandi dalam dan lainnya bisa mencapai lebih dari Rp 1 juta.

Kini mencari kos memang bisa lebih mudah karena banyak website yang memberikan informasi terkait tempat kos. Salah satunya yaitu www.sewakost.com yang menampilkan informasi mulai harga sampai fasilitas.

Namun jika ingin cari murah memang lebih baik datang jauh lebih awal sebelum masa kuliah dimulai karena tidak semua kos tercantum di website informasi kos.
(alg/mbr)
FOKUS BERITA: Serba-serbi Biaya Kuliah
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed